"Penderita yang sering berobat di Indonesia bila berobat di luar negeri (terutama di negara maju) sering khawatir, karena bila sakit jarang diberi antibiotika. Sebaliknya pasien yang sering berobat di luar negeri juga sering khawatir bila berobat di Indonesia, setiap sakit selalu mendapatkan antibiotika". Hal ini bukan sekedar pameo belaka. Tampaknya banyak fakta yang mengatakan bahwa memang di Indonesia, dokter lebih gampang memberikan antibiotika.

Penggunaan antibiotika irasional atau berlebihan pada anak tampaknya memang semakin meningkat dan semakin mengkawatirkan. Penggunaan berlebihan atau penggunaan irasional artinya penggunaan tidak benar, tidak tepat dan tidak sesuai dengan indikasi penyakitnya. Sebenarnya permasalahan ini dahulu juga dihadapi oleh negara maju seperti Amerika Serikat.

Menurut penelitian US National Ambulatory Medical Care Survey pada tahun 1989, setiap tahun sekitar 84% setiap tahun setiap anak mendapatkan antibiotika. Hasil lainnya didapatkan 47,9% resep pada anak usia 0-4 tahun terdapat antibiotika. Angka tersebut menurut perhitungan banyak ahli sebenarnya sudah cukup mencemaskan. Dalam tahun yang sama, juga ditemukan resistensi kuman yang cukup tinggi karena pemakaian antibiotika berlebihan tersebut.

Di Indonesia belum ada data resmi tentang pengguanaan antibiotika ini. Sehingga semua pihak saat ini tidak terlalu. Berdasarkan tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat serta fakta yang ditemui sehari-hari, tampaknya pengguanaan antibiotika di Indonesia baik jauh lebih banyak dan lebih mencemaskan.

Bahaya Penggunaan Antibiotika Irasional Pada Anak
Sebenarnya penggunaan antibiotika secara benar dan sesuai indikasi memang harus diberikan. Meskipun terdapat pertimbangan bahaya efek samping dan mahalnya biaya. Tetapi menjadi masalah yang mengkawatirkan, bila penggunaannnya berlebihan. Banyak kerugian yang terjadi bila pemberian antibiotika berlebihan tersebut tidak dikendalikan secara cepat dan tuntas.

Kerugian yang dihadapi adalah meningkatnya resistensi terhadap bakteri. Belum lagi perilaku tersebut berpotensi untuk meningkatkan biaya berobat. Harga obat antibiotika sangat mahal dan merupakan bagian terbesar dari biaya pengobatan.

Efek samping yang sering terjadi pada penggunaan antibiotika adalah gangguan beberapa organ tubuh. Apalagi bila diberikan kepada bayi dan anak-anak, karena sistem tubuh dan fungsi organ pada bayi dan anak-anak masih belum tumbuh sempurna. Apalagi anak beresiko paling sering mendapatkan antibiotika, karena lebih sering sakit akibat daya tahan tubuh lebih rentan. Bila dalam setahun anak mengalami 9 kali sakit, maka 9 kali 7 hari atau 64 hari anak mendapatkan antibiotika.

Gangguan organ tubuh yang bisa terjadi adalah gangguan saluran cerna, gangguan ginjal, gangguan fungsi hati, gangguan sumsum tulang, gangguan darah dan sebagainya. Akibat lainnya adalah reaksi alergi karena obat. Gangguan tersebut mulai dari yang ringan seperti ruam, gatal sampai dengan yang berat seperti pembengkakan bibir atau kelopak mata, sesak, hingga dapat mengancam jiwa atau reaksi anafilaksis.

Pemakaian antibiotika berlebihan atau irasional juga dapat membunuh kuman yang baik dan berguna yang ada didalam tubuh kita. Sehingga tempat yang semula ditempati oleh bakteri baik ini akan diisi oleh bakteri jahat atau oleh Namur atau disebut "superinfection". Pemberian antibiotika yang berlebihan akan menyebabkan bakteri-bakteri yang tidak terbunuh mengalami mutasi dan menjadi kuman yang resisten atau disebut "superbugs".

Jadi jenis bakteri yang awalnya dapat diobati dengan mudah dengan Antibiotika yang ringan, apabila antibiotikanya digunakan dengan irasional, maka bakteri tersebut mutasi dan menjadi kebal, sehingga memerlukan jenis antibiotika yang lebih kuat. Bila bakteri ini menyebar ke lingkungan sekitar suatu saat akan tercipta kondisi dimana tidak ada lagi jenis antibiotika yang dapat membunuh bakteri yang terus menerus bermutasi ini. Hal ini akan membuat kembali ke zaman sebelum antibiotika ditemukan. Pada zaman tersebut infeksi yang diakibatkan oleh bakteri tidak dapat diobati sehingga angka kematian akan drastis melonjak naik. Hal lain yang mungkin terjadi nantinya kebutuhan pemberian antibiotika dengan generasi lebih berat, dan menjadikan biaya pengobatan semakin meningkat karena semakin harganya mahal.

Indikasi Pemakaian Antibiotika
Indikasi yang tepat dan benar dalam penggunaan antibiotika pada anak adalah bila penyebab infeksi tersebut adalah bakteri. Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) indikasi pemberian antibiotika adalah bila batuk dan pilek berkelanjutan selama lebih 10 14 hari.yang terjadi sepanjang hari (bukan hanya pada malam hari dan pagi hari).

Batuk malam dan pagi hari biasanya berkaitan dengan alergi atau bukan lagi dalam fase infeksi dan tidak perlu antibiotika Indikasi lain bila terdapat gejala infeksi sinusitis akut yang berat seperti panas > 39 C dengan cairan hidung purulen, nyeri, pembengkakan sekitar mata dan
wajah. Pilihan pertama pengobatan antibiotika untuk kasus ini cukup dengan pemberian Amoxicillin, Amoxicillinm atau Clavulanate. Bila dalam 2 – 3 hari membaik pengobatan dapat dilanjutkan selama 7 hari setelah keluhan membaik atau biasanya selama 10 – 14 hari.

Bila batuk dan pilek yang berkelanjutan yang terjadi hanya pada malam hari dan pagi hari (bukan sepanjang hari) biasanya berkaitan dengan alergi atau bukan lagi dalam fase infeksi dan tidak perlu antibiotika Indikasi lain bila terdapat gejala infeksi sinusitis akut yang berat seperti panas > 39 C dengan cairan hidung purulen, nyeri, bengkak di sekitar mata dan wajah. Pilihan pertama pengobatan antibiotika untuk kasus ini cukup dengan pemberian Amoxicillin, Amoxicillinm atau Clavulanate.

Bila dalam 2 – 3 hari membaik pengobatan dapat dilanjutkan selama 7 hari setelah keluhan membaik atau biasanya selama 10 – 14 hari. Indikasi lainnya adalah radang tenggorokan karena infeksi kuman streptokokus.

Penyakit ini pada umumnya menyerang anak berusia 7 tahun atau lebih. Pada anak usia 4 tahun hanya 15% yang mengalami radang tenggorokan karena kuman ini. Bila sakit batuk dan pilek timbul sepanjang hari (bukan hanya malam dan pagi hari) lebih dari 10-14 hari disertai cairan hidung mukopurulen (kuning atau hijau). Untuk mengetahui apakah ada infeksi bakteri biasanya dengan melakukan kultur yang membutuhkan beberapa hari untuk observasi. Apabila dicurigai adanya infeksi saluran kemih, dilakukan pemeriksaan sample urin dan kemudian di lakukan pemeriksaan kultur di rumah sakit. Setelah beberapa hari akan ketahuan bila ada infeksi bakteri berikut jenisnya dan sensitivitas terhadap jenis obatnya.

Penyakit yang lain yang harus mendapatkan antibiotika adalah infeksi saluran kemih dan penyakit tifus Untuk mengetahui apakah ada infeksi bakteri biasanya dengan melakukan kultur darah atau urine. Apabila dicurigai adanya infeksi saluran kemih, dilakukan pemeriksaan kulut curine. Setelah beberapa hari akan diketahui bila ada infeksi bakteri berikut jenis dan sensitivitas terhadap antibiotika. Untuk mengetahui penyakit tifus harus dilakukan pemeriksaan darah Widal dan kultur darah gal.

Anak usia di bawah 5 tahun yang mengalami infeksi virus sering mengalami overdiagnosis penyakit Tifus. Sering terjadi kesalahan persepsi dalam pembacaan hasil laboratorium. Infeksi virus dengan peningkatan sedkit pemeriksaan nilai widal sudah divonis gejala tifus dan dihantam dengan antibiotika.

Sebagian besar kasus penyakit infeksi pada anak penyebabnya adalah virus. Dengan kata lain seharusnya kemungkinan penggunaan antibiotika yang benar tidak besar atau mungkin hanya sekitar 10 – 15% penderita anak. Penyakit virus adalah penyakit yang termasuk "self limiting disease" atau penyakit yang sembuh sendiri dalam waktu 5 – 7 hari.

Sebagian besar penyakit infeksi diare, batuk, pilek dan panas penyebabnya adalah virus. Secara umum setiap anak akan mengalami 2 hingga 9 kali penyakit saluran napas karena virus. Sebaiknya jangan terlalu mudah mendiagnosis (overdiagnosis) sinusitis pada anak. Bila tidak terdapat komplikasi lainnya secara alamiah pilek, batuk dan pengeluaran cairan hidung akan menetap paling lama sampai 14 hari setelah gejala lainnya membaik.

Sebuah penelitian terhadap gejala pada 139 anak penderita pilek(flu) karena virus didapatkan bahwa pemberian antibiotik pada kelompok kontrol tidak memperbaiki cairan mucopurulent dari hidung. Antibiotika tidak efektif mengobati Infeksi saluran napas Atas dan tidak mencegah infeksi bakteri tumpangan. Sebagian besar infeksi Saluran napas Atas termasuk sinus paranasalis sangat jarana sekali terjadi komplikasi bakteri.

Siapa Yang Bertanggung Jawab
Dalam permasalahan penggunaan antibiotika yang berlebihan ini, pihak manakah yang bertanggung jawab untuk mengatasinya. Permasalahan ini tidak sesederhana seperti yang kita lihat. Banyak pihak yang berperanan dan terlibat dalam penggunaan antibiotika berlebihan ini. Pihak yang terlibat mulai dari penderita (orang tua penderita), dokter, rumah sakit, apotik, sales representatif, perusahaan farmasi dan pabrik obat.

Bila penggunaan antibiotika berlebihan lebih dikarenakan faktor dokter, maka orang tua sebagai penerima jasa dokter dalam keadaan posisi yang sulit. Tetapi orang tua penderita sebagai pihak pasien mempunyai hak untuk mendapatkan informasi sejelas-jelasnya rencana pengobatan, tujuan pengobatan dan akibat efek samping pengobatan tersebut Kalau perlu orang tua sedikit berdiskusi dengan cara bukan menggurui untuk peluang apakah boleh tidak diberi antibiótica.

Dilain pihak, orangtua juga sering sebagai faktor terjadinya penggunaan antibiotika yang berlebihan. Pendapat umum yang tidak benar terus berkembang, bahwa kalau tidak memakai antibiotika maka penyakitnya akan lama sembuhnya Tidak jarang penggunaan antibiótika adalah permintaan dari orang tua. Yang lebih mengkawatirkan saat ini beberapa orang tua dengan tanpa beban membeli sendiri antibiótika tersebut tanpa pertimbangan dokter. Antibiotika yang merupakan golongan obat terbatas, obat yang harus diresepkan oleh dokter. Tetapi runyamnya ternyata obat antibiotika tersebut mudah didapatkan di apotik atau di toko obat meskipun tanpa resep dokter.

Persoalan menjadi lebih rumit karena ternyata bisnis perdagangan antibiotika sangat menggiurkan. Pabrik obat, perusahaan farmasi, medical sales representative dan apotik sebagai pihak penyedia obat mempunyai banyak kepentingan. Antibiotika merupakan bisnis utama mereka, sehingga banyak strategi dan cara dilakukan. Dokter sebagai penentu penggunaan antibiotika ini, harus lebih bijak dan harus lebih mempertimbangkan latar belakang ke ilmiuannya. Sesuai sumpah dokter yang pernah diucapkan, apapun pertimbangan pengobatan semuanya adalah demi kepentingan penderita, bukan keperntingan lainnya. Peningkatan pengetahuan dan kemampuan secara berkala dan berkelanjutan dokter juga ikut berperanan dalam mengurangi perilaku penggunaan antibiótika yang berlebihan ini.

Departemen Kesehatan (Depkes), Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) dan beberapa intitusi terkait lainnya harus bekerjasama dalam penanganannya. Pendidikan tentang bahaya dan indikasi pemakaian antibiotika yang benar terhadap masyarakat harus terus dilakukan melalui berbagai media yang ada. Penertiban penjualan obat antibiotika oleh apotik dan lebih khusus lagi toko obat harus terus dilakukan tanpa henti.

Organisasi profesi kedokteran harus terus berupaya mengevaluasi dan melakukan pemantauan lebih ketat tentang perilaku penggunaan antibiótika yang berlebihan ini terhadap anggotanya. Kalau perlu secara berkala dilakukan penelitian secara menyeluruh terhadap penggunaan antibitioka yang berlebihan ini. Sebaiknya praktek dan strategi promosi obat antibiotika yang tidak sehat juga harus menjadi perhatian. Bukan malah dimanfaatkan untuk kepentingan dokter, meskipun hanya demi kepentingan kegiatan ilmiah. PERSI sebagai wadah organisasi rumah sakit, juga berwenang memberikan pengawasan kepada anggotanya untuk terus melakukan evaluasi yang ketat terhadap formularium obat yang digunakan.

Di Amerika Serikat, karena upaya kampanye dan pendidikan terus menerus terhadap masyarakat dan dokter ternyata dapat menurunkan penggunaan antibiotika secara drastis. Proporsi anak usia 0 – 4 tahun yang mendapatkan antibiotika menuirun dari 47,9% tahun 1996 menjadi 38,1% tahun 2000. Jumlah rata-rata antibiótika yang diresepkan menurun, dari 47.9 1.42 peresepan per anak tahun 1996 menjadi 0.78 peresepan per anak tahun 2000. Rata-rata pengeluaran biaya juga dapat ditekan cukup banyak, padfa tahun 1996 sebesar $31.45 US menjadi $21.04 per anak tahun 2000.

Rekomendasi dan kampanye penyuluhan ke orangtua dan dokter yang telah dilakukan oleh kerjasama CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dan AAP (American Academy of Pediatrics) memberikan pengertian yang benar tentang penggunaan antibiotika. Pilek, panas dan batuk adalah gejala dari Infeksi Pernapasan Atas yang disebabkan virus. Perubahan warna dahak dan ingus berubah menjadi kental kuning, berlendir dan kehijauan adalah merupakan perjalanan klinis Infeksi Saluran Napas Atas karena virus, bukan merupaklan indikasi antibiotika. Pemberian antibiotika tidak akan memperpendek perjalanan penyakit dan mencegah infeksi tumpangan bakteri

Upaya ini seharusnya menjadi contoh yang baik terhadap intitusi yang berwenang di Indonesia dalam mengatasi permasalahan penggunaan antibiotika ini. Melihat rumitnya permasalahan pemberian antibiotika yang irasinol di Indonesia tampaknya sangat sulit dipecahkan. Tetapi kita harus yakin dengan kemauan keras, niat yang tulus dan keterlibatan semua pihak maka permasalahan ini akan dapat terpecahkan. Jangan sampai terjadi, kita semua baru tersadar saat masalah sudah dalam keadaan yang sangat serius.

Post a Comment Blogger

  1. Bagaimana kalau kita sekarang beralih pada antibiotik yg alami. Sudah banyak dokter yg sadar akan bahaya antibiotik kimia. Sekarang ada atibiotik dari Tianshi dg nama Cordyceps, terbuat dari tumbuhan yg unik. Pada musim dingin dia hidup di bawah tanah, pada musim panas dia muncul kepermukaan tanah dg tumbuh spora di kepala. Cordyceps telah digunakan pd zaman kaisar cina 5000 tahun lalu. Aminudin, sakti_alhakim@plasa.com

    ReplyDelete
  2. tapi saat kita mebatuk parah kami kami harus minum antibiotik

    ReplyDelete
  3. beberapa hari yg lalu saya sakit demam tinggi, batuk pilek, tenggorokan saya seperti ada yg bengkak, dan susah dipakai untuk menelan. setelah konsultasi kpd dokter umum, kemudian saya diberi amoxicilin sebanyak 10 butir, dan harus dihabiskan. tapi setelah 2 hari saya cenderung membaik dan obat tidak saya habiskan. sekarang, kejadian terulang lagi, tenggorokan saya seperti itu lg dan badan saya demam lagi. apa yg harus saya lakukan? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. antibiotik harus dihabiskan kalo tidak bisa terjadi yang namanya resistensi(bakteri kebal terhadap jenis antibiotik tersebut)

    ReplyDelete

  5. Artikelnya keren sangat membantu.trim sob




    OBAT PEMBESAR ALAT VITAL NO1

    OBAT PEMBESAR ALAT VITAL NO1

    PT Vimax Indonesia adalah Distributor Resmi Vimax Canada di Indonesia. Pastikan PT. Vimax Indonesia untuk obat pembesar alat vital
    terbaik isi 30 capsulles. obat pembesar no 1












    ReplyDelete
  6. Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin Comment nya ^_^

    BOLA PELANGI - BANDAR MIX PARLAY TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.
    Join US ! klik link di bawah ini ☟
    Prediksi Bola dan Togel.
    Bola Online
    Mix Parlay
    Bola Jalan
    Bandar Bola

    SPECIAL PROMO SELAMA BULAN RAMADHAN PENUH BERKAH !

    * BONUS NEW MEMBER 10%
    * BONUS AJAK TEMAN Rp 10.000,- ( Bonus Akan Di Berikan Jika Mengajak 2 Orang Teman Bergabung Di www.bolapelangi88.com)
    * BONUS CASHBACK SAMPAI 15%
    * BONUS REFFERAL 2,5%

    Syaratnya & Ketentuan
    * Promo Hanya Berlaku Selama Bulan RAMADHAN
    * Bonus Ajak Teman Akan Di Berikan Jika Salah 1 Teman Sudah Melakukan Deposit
    * Minimal Dp & Wd 50rb
    * Tidak Boleh Mendaftar Lebih Dari 1 Rekening

    * Join Grup FB Markas Prediksi Parlay : https://www.facebook.com/groups/346501502486292/
    * Share ke facebook dan tag 5 orang teman kamu
    * Harap Konfirmasi setelah memenuhi syarat ke WA kami dengan format yang benar
    * Promo Ini hanya berlaku selama bulan ramadhan
    * Semua Syarat dan kentetuan yang di buat oleh Bola Pelangi adalah Mutlak
    * Keputusan Bola Pelangi Adalah Mutlak Dan Tidak Dapat Di Ganggu Gugat Jika Terjadi Kecurangan

    Untuk Info Dan Bonus Menariknya Bisa Hubungi Kami Di Bawah Ini :
    WHATSAPP 1 : +6282143134681



    WHATSAPP 2 : +6281333472723

    ayo buruann , mana tau kami menjadi jutawan setelah bergabung dengan kami .. buruann !!!

    ♛ Group FB Prediksi Parlay = Markas Prediksi
    ♛ Instagram = Bola Pelangi
    ♛ Pinterest = Bolapelangi Lounge
    ✆ WA = +6282143134681 || +6281333472723

    ReplyDelete
  7. I have read many blogs 103 155 104 8099 apk scr888 casino game 3 in the net but have never come across such a well written blog. Good work keep it up

    ReplyDelete
  8. This discussion unexpectedly takes my attention scr888 apk free download to join inside. Well, after I read all of them, it gives me new idea for my blog. thanks

    ReplyDelete
  9. Great ....You have beautifully presented Rapid Slim Keto
    your thought in this blog post. I admire the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.

    ReplyDelete
  10. Thanks scr 888 for always scr888 malaysia being the scr888 app source that explains things scr888 casino instead of just putting an unjustified scr888 kiosk answer out there. I loved this post.

    ReplyDelete
  11. You have a scr888 free download apk very good site, well constructed scr888 free credit for new member 2019 and very interesting i have scr888 game bookmarked you, hopefully you keep posting new stuff, many thanks

    ReplyDelete
  12. This is one of the 918kiss malaysia apk most incredible blogs Ive read in a very long time. The amount of information in here is stunning, like you practically 918kiss company Malaysia wrote the book on the subject. Your blog is great for anyone who 918kiss apk free download wants to understand this subject more. Great stuff; please keep it up!

    ReplyDelete
  13. This discussion live22 login unexpectedly takes live22 online my attention to live22 agent join inside. Well, after I live22 download link read all of them, it gives me new live22 game idea for my blog. thanks

    ReplyDelete
  14. I really enjoy reading your blog as the postings are so simple to read and follow. Outstanding. Please keep it up. Thanks.
    https://www.flickr.com/photos/185771877@N05/

    ReplyDelete
  15. I have to say this has been probably the most helpful posts for me. Please keep it up. I cant xe88 hack wait to read whats next.

    ReplyDelete
  16. Post is very informative,It helped me with great information 918kiss download 2020 so I really believe you will do much better in the future.

    ReplyDelete
  17. Spot on with this article, I really think this website needs more attention.  live casino card I'll probably be back to read more, thanks for the info.

    ReplyDelete
  18. Ultra Fast Keto Boost this corrosive consumes the dividers of the organ prompting the gastritis and even to the ulcer.
    The activity of the blessed espinheira in the instances of stomach dysfunctions would be through a few instruments, other than not rely upon a particular segment of the plant however of the joint activity of various phytocomplexes.
    https://purefitketodietplan.com/ultra-fast-keto-boost/

    ReplyDelete
  19. IBS with diarrhea: similarly to pain and belly ache, it is characterized via abnormally common bowel movements and unfastened and watery stools;
    IBS with alternation among constipation and diarrhea: human beings with alternating Syndrome signs and symptoms have to now not try and treat themselves without clinical steerage,
    http://sarahgbaumgartne.yolasite.com/

    ReplyDelete
  20. This is because it was discovered that these Go ketogenic chemicals can end up in adipose tissue, favoring the increase in cholesterol and weight.
    https://goketoganic.com/

    ReplyDelete
  21. The principle of investing in gambling is to let students choose to use the service. And it is an investment that can make everyone look the advantages More about the author of gambling. It is not just that gamblers will go to invest in extra gambling channels such as casino month betting or read through the use of services or adjoin to enter casinos known for gambling and using services abroad Or adjacent to country. enrage the pardon epoch of students and investors who in the manner of undertakings to bring a variety of gambling games and become the want of creating happiness and fun or creating maximum help and profits for themselves.

    ReplyDelete
  22. Very informative site, i must bookmark it, keep https://mega888slots.com/ posting interesting articles...

    ReplyDelete
  23. This discussion unexpectedly takes my http://scr888malaysian.com/ attention to join inside. Well, after I read all of them, it gives me new idea for my blog. thanks

    ReplyDelete
  24. This discussion unexpectedly takes my http://scr888malaysian.com/ attention to join inside. Well, after I read all of them, it gives me new idea for my blog. thanks

    ReplyDelete
  25. Javid Jooshesh I m a designer specialized in advanced computational design and digital fabrication. My studio is located in Rotterdam 3d scannen in Rotterdam the Netherlands; the city where it's famous motto is: Rotterdam, Make it happen! Our expertise 3d scannen, large scale 3d printing, 3D Modelling, 3d printing & Reverse Engineering in Rotterdam.

    ReplyDelete
  26. bearing in mind a company website these businesses are skilled to come up with the money for customers like taking place to date instruction not far off from specific products or services. Digital publicity companies browse this site can furthermore put up to behind search engine optimization (SEO). This is important as it helps ensure that potential customers are accomplished to locate your company behind they conduct a search for determined products or services.

    ReplyDelete

 
Top