[DIAZ+PICKY.jpg]

GANGGUAN PENCERNAAN, PENYEBAB UTAMA KESULITAN MAKAN PADA ANAK
Pemberian makan pada anak memang sering menjadi masalah buat orangtua atau pengasuh anak. Keluhan tersebut sering dikeluhkan orang tua kepada dokter yang merawat anaknya. Faktor kesulitan makan pada anak inilah yang sering dialami oleh sekitar 25% pada usia anak, jumlah akan meningkat sekitar 40-70% pada anak yang lahir prematur atau dengan penyakit kronik. Hal ini pulalah yang sering membuat masalah tersendiri bagi orang tua, bahkan dokter yang merawatnya. Penelitian yang dilakukan di Jakarta menyebutkan pada anak prasekolah usia 4-6 tahun, didapatkan prevalensi kesulitan makan sebesar 33,6%. Sebagian besar 79,2% telah berlangsung lebih dari 3 bulan

Kesulitan makan karena sering dan berlangsung lama sering dianggap biasa. Sehingga akhirnya timbul komplikasi dan gangguan tumbuh kembang lainnya pada anak. Salah satu keterlambatan penanganan masalah tersebut adalah pemberian vitamin tanpa mencari penyebabnya sehingga kesulitan makan tersebut terjadi berkepanjangan. Akhirnya orang tua berpindah-pindah dokter dan berganti-ganti vitamin tapi tampak anak kesulitan makannya tidak membaik. Sering juga terjadi bahwa kesulitan makan tersebut dianggap dan diobati sebagai infeksi tuberkulosis yang belum tentu benar diderita anak.
Dengan penanganan kesulitan makan pada anak yang optimal diharapkan dapat mencegah komplikasi yang ditimbulkan, sehingga dapat meningkatkan kualitas anak Indonesia dalam menghadapi persaingan di era globalisasi mendatang khususnya. Tumbuh kembang dalam usia anak sangat menentukan kualitas seseorang bila sudah dewasa nantinya.
GEJALA SUATU PENYAKIT
Kesulitan makan bukanlah diagnosis atau penyakit, tetapi merupakan gejala atau tanda adanya penyimpangan, kelainan dan penyakit yang sedang terjadi pada tubuh anak. Pengertian kesulitan makan adalah jika anak tidak mau atau menolak untuk makan, atau mengalami kesulitan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan jenis dan jumlah sesuai usia secara fisiologis (alamiah dan wajar), yaitu mulai dari membuka mulutnya tanpa paksaan, mengunyah, menelan hingga sampai terserap dipencernaan secara baik tanpa paksaan dan tanpa pemberian vitamin dan obat tertentu. Gejala kesulitan makan pada anak (1). Kesulitan mengunyah, menghisap, menelan makanan atau hanya bisa makanan lunak atau cair, (2) Memuntahkan atau menyembur-nyemburkan makanan yang sudah masuk di mulut anak, (3).Makan berlama-lama dan memainkan makanan, (4) Sama sekali tidak mau memasukkan makanan ke dalam mulut atau menutup mulut rapat, (5) Memuntahkan atau menumpahkan makanan, menepis suapan dari orangtua, (6). Tidak menyukai banyak variasi makanan dan (7), Kebiasaan makan yang aneh dan ganjil.
PENYEBAB UTAMA KESULITAN MAKAN
Penyebab kesulitan makanan itu sangatlah banyak. Semua gangguan fungsi organ tubuh dan penyakit bisa berupa adanya kelainan fisik, maupun psikis dapat dianggap sebagai penyebab kesulitan makan pada anak. Kelainan fisik dapat berupa kelainan organ bawaan atau infeksi bawaan sejak lahir dan infeksi didapat dalam usia anak.

Secara umum penyebab umum kesulitan makan pada anak dibedakan dalam 3 faktor, diantaranya adalah hilang nafsu makan, gangguan proses makan di mulut dan pengaruh psikologis. Beberapa faktor tersebut dapat berdiri sendiri tetapi sering kali terjadi lebih dari 1 faktor. Penyebab paling sering adalah hilangnya nafsu makan, diikuti gangguan proses makan. Sedangkan faktor psikologis yang dulu dianggap sebagai penyebab utama, mungkin saat mulai ditinggalkan atau sangat jarang.
Pengaruh hilang atau berkurangnya nafsu makan tampaknya merupakan penyebab utama masalah kesulitan makan pada anak. Pengaruh nafsu makan ini bisa mulai dari yang ringan (berkurang nafsu makan) hingga berat (tidak ada nafsu makan). Tampilan gangguan yang ringan berupa minum susu botol sering sisa, waktu minum ASI berkurang (sebelumnya 20 menit menjadi 10 menit), makan sering sisa atau hanya sedikit atau mengeluarkan dan menyembur-nyemburkan makanan di mulut. Sedangkan gangguan yang lebih berat tampak anak menutup rapat mulutnya atau tidak mau makan dan minum sama sekali. Berkurang atau hilangnya nafsu makan ini sering diakibatkan karena gangguan fungsi saluran cerna.
Gangguan fungsi pencernaan tersebut kadang tampak ringan seperti tidak ada gangguan. Tanda dan gejala yang menunjukkan adanya gangguan tersebut adalah perut kembung, sering “cegukan”, sering buang angin, sering muntah atau seperti hendak muntah bila disuapin makan. Gampang timbul muntah terutama bila menangis, berteriak, tertawa, berlari atau bila marah. Sering nyeri perut sesasaat, bersifat hilang timbul. Sulit buang air besar (bila buang air besar ”ngeden”, tidak setiap hari buang air besar, atau sebaliknya buang air besar sering (>2 kali/perhari). Kotoran tinja berwarna hitam atau hijau, berbentuk keras, bulat (seperti kotoran kambing) atau cair disertai bentuk seperti biji lombok, pernah ada riwayat berak darah. Gangguan tidur malam : malam rewel, kolik, tiba-tiba mengigau atau menjerit, tidur bolak balik dari ujung ke ujung lain tempat tidur. Lidah tampak kotor, berwarna putih serta air liur bertambah banyak atau mulut berbau
Gangguan saluran cerna biasanya disertai kulit yang sensitif. Sering timbul bintik-bintik kemerahan seperti digigit nyamuk atau serangga, biang keringat, kulit berwarna putih (seperti panu) di wajah atau di bagian badan lainnya. Saat bayi sering timbul gangguan kulit di pipi, sekitar mulut, sekitar daerah popok dan sebagainya.
Tanda dan gejala tersebut di atas sering dianggap biasa karena sering terjadi pada banyak anak. Padahal bila di amati secara cermat tanda dan gejala tersebut merupakan manifestasi adanya gangguan pencernaan, yang sangat mungkin berkaitan dengan kesulitan makan pada anak.
GANGGUAN PROSES MAKAN DI MULUT
Proses makan terjadi mulai dari memasukkan makan dimulut, mengunyah dan menelan. Ketrampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut sangat berperanan dalam proses makan tersebut. Pergerakan morik tersebut berupa koordinasi gerakan menggigit, mengunyah dan menelan dilakukan oleh otot di rahang atas dan bawah, bibir, lidah dan banyak otot lainnya di sekitar mulut. Gangguan proses makan di mulut tersebut seringkali berupa gangguan mengunyah makanan.
Tampilan klinis gangguan mengunyah adalah keterlambatan makanan kasar tidak bisa makan nasi tim saat usia 9 bulan, belum bisa makan nasi saat usia 1 tahun, tidak bisa makan daging sapi (empal) atau sayur berserat seperti kangkung. Bila anak sedang muntah dan akan terlihat tumpahannya terdapat bentukan nasi yang masih utuh. Hal ini menunjukkan bahwa proses mengunyah nasi tersebut tidak sempurna. Tetapi kemampuan untuk makan bahan makanan yang keras seperti krupuk atau biskuit tidak terganggu, karena hanya memerlukan beberapa kunyahan. Gangguan koordinasi motorik mulut ini juga mengakibatkani kejadian tergigit sendiri bagian bibir atau lidah secara tidak sengaja.
Kelainan lain yang berkaitan dengan koordinasi motorik mulut adalah keterlambatan bicara dan gangguan bicara (cedal, gagap, bicara terlalu cepat sehingga sulit dimengerti). Gangguan motorik proses makan ini biasanya disertai oleh gangguan keseimbangan dan motorik kasar lainnya seperti tidak mengalami proses perkembangan normal duduk, merangkak dan berdiri. Sehingga terlambat bolak-balik (normal usia 4 bulan), terlambat duduk merangkak (normal 6-8 bulan) atau tidak merangkak tetapi langsung berjalan, keterlambatan kemampuan mengayuh sepeda (normal usia 2,5 tahun), jalan jinjit, duduk bersimpuh leter “W”. Bila berjalan selalu cepat, terburu-buru seperti berlari, sering jatuh atau menabrak, sehingga sering terlambat berjalan. Ciri lainnya biasanya disertai gejala anak tidak bisa diam, mulai dari overaktif hingga hiperaktif. Mudah marah serta sulit berkonsentrasi, gampang bosan dan selalu terburu-buru.
Gangguan saluran pencernaan tampaknya merupakan faktor penyebab terpenting dalam gangguan proses makan di mulut. Hal ini dapat dijelaskan bahwa dengan teori ”Gut Brain Axis”. Teori ini menunjukkan bahwa bila terdapat gangguan saluran cerna maka mempengaruhi fungsi susunan saraf pusat atau otak. Gangguan fungsi susunan saraf pusat tersebut berupa gangguan neuroanatomis dan neurofungsional. Salah satu manifestasi klinis yang terjadi adalah gangguan koordinasi motorik kasar mulut.
Kelainan bawaan adalah gangguan fungsi organ tubuh atau kelainan anatomis organ tubuh yang terjadi sejak pembentukan organ dalam kehamilan.Diantaranya adalah kelainan mulut, tenggorok, dan esofagus: sumbing, lidah besar, tenggorok terbelah, fistula trakeoesofagus, atresia esofagus, Laringomalasia, trakeomalasia, kista laring, tumor, tidak ada lubang hidung, serebral palsi, kelainan paru, jantung, ginjal dan organ lainnya sejak lahir atau sejak dalam kandungan.
Bila fungsi otak tersebut terganggu maka kemampuan motorik untuk makan akan terpengaruh. Gangguan fungsi otak tersebut dapat berupa infeksi, kelainan bawaan atau gangguan lainnya seperti serebral palsi, miastenia gravis, poliomielitis.. Bila kelainan susunan saraf pusat ini terjadi karena kelainan bawaan sejak lahir biasanya disertai dengan gangguan motorik atau gangguan perilaku dan perkembangan lainnya.
GANGGUAN PSIKOLOGIS
Gangguan psikologis dahulu dianggap sebagai penyebab utama kesulitan makan pada anak. Tampaknya hal ini terjadi karena dahulu kalau kita kesulitan dalam menemukan penyebab kesulitan makan pada anak maka gangguan psikologis dianggap sebagai diagnosis keranjang sampah untuk mencari penyebab kesulitan makan pada anak. Untuk memastikan gangguan psikologis sebagai penyebab utama kesulitan makan pada anak harus dipastikan tidak adanya kelainan organik pada anak. Kemungkinan lain yang sering terjadi, gangguan psikologis memperberat masalah kesulitan makan yang memang sudah terjadi sebelumnya.
Gangguan pskologis bisa dianggap sebagai penyebab bila kesulitan makan itu waktunya bersamaan dengan masalah psikologis yang dihadapi. Bila faktor psikologis tersebut membaik maka gangguan kesulitan makanpun akan membaik. Untuk memastikannya kadang sulit, karena dibutuhkan pengamatan yang cermat dari dekat dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Karenanya hal tersebut hanya mungkin dilakukan oleh orang tua bekerjasama dengan psikater atau psikolog.
Pakar psikologis menyebutkan sebab meliputi gangguan sikap negatifisme, menarik perhatian, ketidak bahagian atau perasaan lain pada anak, kebiasaan rewel pada anak digunakan sebagai upaya untuk mendapatkan yang sangat diinginkannya, sedang tertarik permainan atau benda lainya, meniru pola makan orang tua atau saudaranya reaksi anak yang manja.

Beberapa aspek psikologis dalam hubungan keluarga, baik antara anak dengan orang tua, antara ayah dan ibu atau hubungan antara anggota keluarga lainnya dapat mempengaruhi kondisi psikologis anak. Misalnya bila hubungan antara orang tua yang tidak harmonis, hubungan antara anggota keluarga lainnya tidak baik atau suasana keluarga yang penuh pertentangan, permusuhan atau emosi yang tinggi akan mengakibatkan anak mengalami ketakutan, kecemasan, tidak bahagia, sedih atau depresi. Hal itu mengakibatkan anak tidak aman dan nyaman sehingga bisa membuat anak menarik diri dari kegiatan atau lingkungan keluarga termasuk aktifitas makannya
Sikap orang tua dalam hubungannya dengan anak sangat menentukan untuk terjadinya gangguan psikologis yang dapat mengakibatkan gangguan makan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah : perlindungan dan perhatian berlebihan pada anak, orang tua yang pemarah, stress dan tegang terus menerus, kurangnya kasih sayang baik secara kualitas dan kuantitas, urangnya pengertian dan pemahaman orang tua terhadap kondisi psikologis anak, hubungan antara orang tua yang tidak harmonis, sering ada pertengkaran dan permusuhan.

SERING OVERDIAGNOSIS PENYAKIT TUBERKULOSIS
Penyakit TBC sering dianggap biang keladi penyebab utama kesulitan makan pada anak. Diagnosis pasti TBC anak sulit oleh karena penemuan kuman Micobacterium TBC (M.TBC) pada anak tidak mudah. Cara-cara lain untuk pemeriksaan laboratorium darah secara bakteriologis atau serologis masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat dipakai secara praktis - klinis.
Karena kesulitan diagnosis tersebut sering terjadi overdiagnosis atau underdiagnosis. Overdiagnosis artinya diagnosis TBC yang diberikan pada anak oleh dokter terlalu berlebihan atau terlalu cepat mendiagnosis dengan data yang minimal walaupun anak belum tentu menderita TBC.
Apabila terjadi overdiagnosis TBC pada anak terdapat konsekuensi yang tidak ringan dihadapi oleh si anak, karena anak harus mengkonsumsi 2 atau 3 obat sekaligus minimal 6 bulan. Bahkan kadangkala diberikan lebih lama apabila dokter menemukan tidak ada perbaikan klinis. Padahal obat TBC dalam jangka waktu lama beresiko mengganggu fungsi hati,persyarafan telinga dan organ tubuh lainnya.
Sering terjadi anak dengan keluhan alergi pernapasan atau gangguan pencernaan kronis (seperti coeliac dsbnya) yang disertai berat badan yang kurang dan sulit makan diobati sebagai penyakit Tuberkulosis (TBC) paru yang harus minum obat selama 6 bulan hingga 1 tahun. Padahal belum tentu anak tersebut mengidap penyakit tuberculosis. Bahkan orang tua heran saat anaknya divonis dokter mengidap penyakit TBC padahal tidak ada seorangpun di rumah yang mengalami penyakit TBC. Overdiagnosis dan overtreatment pada anak dengan gejala alergi tersebut sering terjadi karena keluhan alergi dan TBC hampir sama, sementara mendiagnosis penyakit TBC tidaklah mudah.
Diagnosis Tuberkulosis anak menurut Pertemuan Dokter Anak pulmunologi tahun 2000 harus dengan pengamatan seksama tentang adanya : Gejala klinis, kontak erat serumah penderita TBC (dipastikan dengan dengan pemeriksaan dahak positif), pemeriksaan yang harus dilakukan adalah Foto polos dada (roentgen), tes mantouxt (positif : > 15mm bila sudah BCG, Positif > 10 mm bila belum BCG). Sering terjadi hanya dengan melakukan pemeriksaan satu jenis pemeriksaan saja, anak sudah divonis dengan penyakit TBC. Seharusnya pemeriksaan harus dilakukan secara lengkap dan teliti seperti di atas. Karena sulitnya mendiagnosis TBC pada anak dan kosekuensi lamanya pengobatan maka bila meragukan lebih baik dikonsultasikan atau dikonfirmasikan ke Dokter Spesialis Paru Anak (Pulmonologi Anak). Ciri lain yang menunjukkan kemungkinan anak sudah mengalami gangguan saluran cerna secara genetik atau sejak lahir dan bhuka penyakit TBC adalah anak sejak lahir beratnya tidak pernah optimal dan biasanya salah satu orangtuanya mempunyai berat badan yang kurus saat usia anak.
KOMPLIKASI KESULITAN MAKAN
Peristiwa kesulitan makan yang terjadi pada penderita Autis biasanya berlangsung lama. Komplikasi yang bisa ditimbulkan adalah gangguan asupan gizi seperti kekurangan kalori, protein, vitamin, mineral dan anemia (kurang darah). Defisiensi zat gizi ini ternyata juga akan memperberat masalah gangguan metabolisme dan gangguan fungsi tubuh lainnya yang terjadi pada penderita Autis. Keadaan ini tentunya akan menghambat beberapa upaya penanganan dan terapi yang sudah dilakukan selama ini.
Kekurangan kalori dan protein yang terjadi tentunya akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada penderita Autis. Tampilan klinis yang dapat dilihat adalah kegagalan dalam peningkatan berat badan atau tinggi badan. Dalam keadaan normal anak usia di atas 2 tahun seharusnya terjadi peningkatan berat badan 2 kilogram dalam setahun. Pada penderita kesulitan makan sering terjadi kenaikkan berat badan terjadi agak susah bahkan terjadi kecenderunagn tetap dalam keadaan yang cukup lama.
PENANGANAN KESULITAN MAKAN PADA ANAK
Beberapa langkah yang dilakukan pada penatalaksanaan kesulitan makan pada anak yang harus dilakukan adalah : (1). Pastikan apakah betul anak mengalami kesulitan makan Cari penyebab kesulitan makanan pada anak, (2). Identifikasi adakah komplikasi yang terjadi, (3) Pemberian pengobatan terhadap penyebab, (4). Bila penyebabnya gangguan saluran cerna (seperti alergi, intoleransi atau coeliac), hindari makanan tertentu yang menjadi penyebab gangguan.
Gangguan fungsi pencernaan kronis pada anak tampaknya sebagai penyebab paling penting dalam kesulitan makan. Gangguan fungsi saluran cerna kronis yang terjadi seperti alergi makanan, intoleransi makanan, penyakit coeliac dan sebagainya. Reaksi simpang makanan tersebut tampaknya sebagai penyebab utama gangguan-gangguan tersebut. Hal ini bisa dilihat dengan timbulnya permasalahan kesulitan makan ini terbanyak saat usia di atas 6 bulan ketika mulai diperkenalkannya variasi makanan tambahan baru. Penelitian yang dilakukan di Picky Eater Clinic Jakarta menunjukkan, setelah dilakukan penghindaran makanan tertentu pada 218 anak dengan kesulitan makan dengan gangguan intoleransi makanan, alergi makanan, penyakit coeliac, Setelah dilakukan penghindaran makanan selama 3 minggu, tampak perbaikan kesulitan makan sejumlah 78% pada minggu pertama, 92% pada minggu ke dua dan 96% pada minggu ketiga. Gangguan saluran cerna juga tampak membaik sekitar 84% dan 94% penderita antara minggu pertama dan ketiga. Tetapi perbaikan gangguan mengunyah dan menelan hanya bisa diperbaiki sekitar 30%. Mungkin gangguan ini akan membaik maksimal seiring dengan pertambahan usia.
Penanganan dalam segi neuromotorik dapat melalui pencapaian tingkat kesadaran yang optimal dengan stimulasi sistem multisensoris, stimulasi kontrol gerak oral dan refleks menelan, teknik khusus untuk posisi yang baik. Penggunaan sikat gigi listrik dan minum dengan sedotan kadang membantu memperbaiki masalah ini. Aktifitas meniup balon atau harmonika dan senam mulut dengan gerakan tertentu juga sering dianjurkan untuk gangguan ini.
Pemberian suplemen vitamin atau obat tertentu sering diberikan pada kasus kesulitan makan pada anak. Tindakan ini bukanlah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah, bila tidak disertai dengan mencari penyebabnya. Kadangkala pemberian vitamin atau obat-obatan justru menutupi penyebab gangguan tersebut, kalau penyebabnya tidak tertangani tuntas maka keluhan tersebut terus berulang. Bila penyebabnya tidak segera terdeteksi maka anak akan tergantung dengan pemberian vitamin tersebut Bila kita tidak waspada terdapat beberapa akibat dari pemberian obat-obatan dan vitamin dalam jangka waktu yang lama.
Selain mengatasi penyebab kesulitan makan sesuai dengan penyebab, harus ditunjang dengan cara pemberian makan yang sesuai untuk anak dengan kesulitan makan pada anak. Karena anak dengan gangguan makan kebiasaan dan perilaku makannya berbeda dengan anak yang sehat lainnya. Kesulitan makan disertai gangguan fungsi saluran cerna biasanya terjadi jangka panjang, dan sebagian akan berkurang pada usia tertentu. Gangguan alergi makanan akan membaik setelah usia setelah usia 5-7 tahun. Tetapi pada kasus penyakit coeliac atau intoleransi makanan terjadi dalam waktu yang lebih lama bahkan tidak sedikit yang terjadi hingga dewasa.


Dr Widodo Judarwanto SpA
ALLERGY BEHAVIOUR CLINIC – PICKY EATERS CLINIC (Klinik Khusus Kesulitan makan pada Anak)
JL Rawasari Selatan 50, Cempaka Putih Jakarta Pusat
Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat
Rumah Sakit Bunda Jakarta

DAFTAR PUSTAKA 1.Motala, C: New perspectives in the diagnosis of food allergy. Current Allergy and Clinical Immunology, September/October 2002, Vol 15, No. 3: 96-100
2.Opper FH, Burakoff R. Food allergy and intolerance. Gastroenterologist. 1993;1(3):211-220.
3.Carruth BR, Ziegler PJ, Gordon A, Barr SI.. Prevalence of picky eaters among infants and toddlers and their caregivers’ decisions about offering a new food. J Am Diet Assoc. 2004 Jan;104(1 Suppl 1):s57-64.
4.Solihin Pujiadi. Ilmu Gizi Klinis pada Anak. Balai penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 1993
5.Agus Firmansyah.Aspek. Gastroenterology problem makan pada bayi dan anak. Pediatric Nutrition Update, 2003.
6.Reau NR, Senturia YD, Lebailly SA, Christoffel KK.. Infant and toddler feeding patterns and problems: normative data and a new direction. Pediatric Practice Research Group.J Dev Behav Pediatr. 1996 Jun;17(3):149-53.
7. Berg, Frances., ed. Afraid to Eat: Children and Teens in Weight Crisis. Hettinger, ND: Healthy Weight Institute, 402 S. 14th St., Hettinger, ND 58639, 1996.
8. Chatoor I, Ganiban J, Hirsch R, Borman-Spurrell E, Mrazek DA.. Maternal characteristics and toddler temperament in infantile anorexia. J Am Acad Child Adolesc Psychiatry. 2000 Jun;39(6):743-51.
9.Carruth BR, Skinner J, Houck K, Moran J 3rd, Coletta F, Ott D.. The phenomenon of "picky eater": a behavioral marker in eating patterns of toddlers.J Am Coll Nutr. 1998 Apr;17(2):180-6.
10. Hall, Lindsey, and Cohn, Leigh Bulimia: A Guide to Recovery Carlsbad, CA: Gürze Books, 1986.A two-week recovery program and a guide for support groups.
11.Jacobi C, Agras WS, Bryson S, Hammer LD.Behavioral validation, precursors, and concomitants of picky eating in childhood. J Am Acad Child Adolesc Psychiatry. 2003 Jan;42(1):76-84.
12.Hirschmann, Jane R., CSW, and Zaphiropoulos, Lela, CSW. Preventing Childhood Eating Problems: A Practical, Positive Approach to Raising Children Free of Food & Weight Conflicts Carlsbad, CA: Gürze Books, 1993
13.Kubersky, Rachel. Everything You Need to Know about Eating Disorders New York: Rosen Publishing Group, 1992.
14.Levine, Michael, PhD, and Hill, Laura, PhD. A 5-Day Lesson Plan on Eating Disorders: Grades 7-12 Tulsa, OK: NEDO, 1996.
Maine, Margo, PhD. Father Hunger: Fathers, Daughters, & Food Carlsbad, CA: Gürze Books, 1991.
15. Judarwanto W. Mengatasi kesulitan makan Anak, Puspaswara, publisher, 2004.
16.Judarwanti W. Pendekatan diet sebagai terapi kesulitan makan pada anak (belum dipublikasikan)
17.Judarwanto W. Pengalaman Penatalaksanaan Kesulitan Makan pada Anak di Picky Eaters Clinic Jakrta.
18.Satter, Ellyn, RD, ACSW. How to Get Your Kid to Eat…But Not Too Much: From Birth to Adolescence Palo Alto: Bull Publishing, 1987.
19.Soepardi Soedibyo, Sri Nasar. Feeding problem from nutrition perspective.Pediatric nutrition update,2003.
20.Agras S., Hammer L., McNicholas F. (1999). A prospective study of the influence of eating-disordered mothers on their children. International Journal of Eating Disorders, 25(3), 253-62.
21.Bryant-Waugh R., Lask B. Eating Disorders in Children. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines 36 (3), 191-202, 1995.
22.Kreipe RE. Eating disorders among children and adolescents. Pediatrics in Review, 16(10), 370-9, 1995.
23.Marchi M., Cohen P. (1990). Early childhood eating behaviors and adolescent eating disorders. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry,29(1), 112-7.

Post a Comment Blogger

  1. Ini juga sering bikin aku bingung. anakku 4 th (putra) sulit makan padahal aku udah berusaha gonta-ganti resep makanan dan berat badannya tetap dari waktu kewaktu terhitung dari bulan April 2007 paling berkisar antara 15 - 16 kg padahal tinggi badan terus bertambah (100cm) divonis dokter pernah menderita gangguan pencernaan tapi sampai hari ini tetep aja berulang sakit perutnya. Tolong donk... aku kudu gimana ?

    ReplyDelete
  2. kok dokternya di jkt ya? pdhl saya tinggal di jogja.. anak saya (9bulan) juga kl makan susah, kira2 makan watu 30menit-1 jam, BAB juga gak lancar, dan kaya kotoran kambing, terus kulit sensitif (kaya ada panu, biang keringat, bintik merah kaya digigit nyamuuk).. could u help me doc? what should i do?

    ReplyDelete
  3. Saya mengalami kasus yang sama seperti Uyik. Anak saya (11bln) jg BAB nya keras, berwarna hijau dan pernah suatu kali BAB nya ada darahnya..dan sering ada bintik merah seperti digigit nyamuk.Saya pikir memang itu digigit nyamuk..ANak saya termakuk pemilih makanan dan cepat bosan dengan 1 jenis makanan.Setiap hari menunya harus ganti.Tolong bantu saya jika ada yang tahu informasi dokter di bdg yang ahli/spesialis gangguan cerna anak..karena saya selama ini konsultasi dgn dokter anak saya, tidak pernah mendapat jawaban yang memuaskan dan dianggapnya anak saya tidak ada masalah dgn pencernaannya..

    ReplyDelete
  4. nama saya zaenal
    saya punya saudara yg mempunyai kelainan bawaan lahir
    dia mempunyai lidah yg ukurannya tidak normal atau lidahnya besar dan panjang
    pertanyaan saya apakah kelainan itu bisa di sembuhkan .. bagaimana caranya dan apa resikonya
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  5. saya ibu 2 anak. Anak pertama, 2 tahun sebenarnya tidak ada masalah sebelum adiknya lahir.makan sayur, buah-buahan dan lauk-pauk semua suka.namun belakangan ini dia lebih sering 'mengemut' dan 'melepeh' makanan.tapi kalau makan mie instan dia lahap sekali.dua kebiasaan itu lebih sering dia lakukan kalau tidak ada kami, orangtuanya, sedangkan jika kami sedang tidak di rumah, justru dia bisa makan paling tidak sepertiga habis, tapi dalam waktu yang cukup lama. untuk minum susu dia cukup kuat,kira-kira 6 gelas 100 mL/hari.asupan buahpun masih tetap bisa masuk.pertanyaannya: apakah perlu dilakukan 'cekok' untuk menghilangkan kebiasaan mengemut dan melepeh tersebut?

    ReplyDelete
  6. Dear dokter, anak sy umur 9 bln skrg ini jg mengalami kesulitan makan..dr artikel yg dokter tulis diatas, sy menemukan bhw ciri2 anak sy paling banyak mendekati gejala gangguan pencernaan, makannya lama, kalau sudah setgh porsi..sisanya dia menutup mulut & hrs banyak dihibur.sering buang angin, BAB 2hr sekali sdh bbrp minggu terakhir, hitam & keras. Kadang2 ketika disuapin, spt mau dimuntahkan lg, apakah itu sudah pasti gangguan pencernaan dok? kalau iya, bgmn solusi yg terbaik utk mengatasinya sblm terlambat? sy agak sulit utk memastikan dia alergi thdp makanan apa..krn wkt awal2 pemberian makanan ( 6 bln) aku sdh menerapkan memberi 1 jenis makanan utk 3 hr, tdk ada reaksi alergi apa2.. & skrg makanannya sdh mulai mixed. tolong bantuannya ya dok, kalau perlu utk dtg ke Picky eaters clinic jg sy mau dtg kesana. thanks a lot

    ReplyDelete
  7. terimakasih dokter artikelnya sangat bermanfaat, saya jadi tau penyebab anak saya (8bl) susah makan. sepertinya karena gangguan motorik mengunyahnya, tapi juga ciri2nya seperti gangguan pencernaan, dan alergi pada makanan tertentu. Ada tidak DSA di jogja yang bisa dokter rekomendasikan? Karena saya domisili di jogja. Sekali lagi terimakasih

    ReplyDelete
  8. dokter ada yg ingin saya tanyakan,usia anak saya 2thn saat ini susah sekali makan,sdh sy cb dg menu yg berbeda tp tdk berpengaruh apa2,ada solusi lain atau vitamin yg bs merubah pola makannya saat ini.mhn info nya..terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Dear dokter, putra saya usia hampir 18 bulan, mengalami kesulitan makan yaitu tidak mau mengunyah, jd blm bisa makan nasi putih biasa, hanya nasi tim, tp berat dan tinggi badan tergolong ideal, beratnya saat ini mencapai 13kg, selain itu kulitnya senstif sekali, hampir menyerupai ciri2 gangguan fungsi pencernaan dan ada beberapa gejala gangguan saluran cerna yang sesuai. Bagaimana untuk memastikan apakah memang ada gangguan saluran cerna atau alergi terhadap makanan tertentu, karena bintik2 & gatal2 di kulit kadang hilang kadang muncul, dan saya pernah coba mengganti susu sapi dengan susu kedelai, tapi anak saya tidak suka, akhirnya kembali mengonsumsi susu sapi. Apakah kalau memang alergi terhadap susu sapi alergi bisa muncul & hilang, padahal konsumsi susu sapi terus setiap hari. Apakah saya perlu memeriksakan anak saya ke Allergy Behaviour Clinic? Terima kasih atas sarannya.

    ReplyDelete
  10. waah..bagus bgt informasiny...iy neh dok anakku umur 10 bln susah bgt mkn+minum susuny.knp Y?mkn 4 suap seh masih mau..selanjutny di emut dok.kadang2 dileppeh.kenapa ya dok.?terima kasih

    ReplyDelete
  11. Artikel yang sangat bagus n dari sini saya mengetahui ciri2 anak yg mengalami gangguan fungsi cerna dengan melihat kondisi anak saya yg sulung hampir 80% sama. Bagaimana ya caranya agar anak saya mau makan. saya merasa prihatin dengan perkembangan dia karena usianya sekarang menginjak 4 tahun lebih n dengan aktivitasnya sekolah dan lesnya, dia kok tidam merasa lapar. perlu diketahui dlm sehari dia rata2 makan cm 4 sendok 1 kali sehari.Dia minum susu 150 ml kira2 7 or 8 dot. ngemil jarang. Gimana solusinya?

    ReplyDelete
  12. Dear Dokter,
    Terima kasih atas artikelnya. Usia putri saya 11 bln, bb 7 kg, cukup bermasalah dengan kesehatannya. batuk pilek yang tak kunjung sembuh dan diindikasikan krn alergi debu. belum lagi sulit makan dan bab keras meski sudah diberi minum air putih. Namun minum susu normal dan cenderung sangat aktif. Apa yang harus saya lakukan untukmengatasi permasalahan tsb?
    Mohon bantuannya. terima kasih

    ReplyDelete
  13. salam.dok saya punya putri berumur 3 tahun.makannya agak susah.berat badannya 11 kg.dia suka sayur,roti dan susunya jg tidak bermasalah.hanya saja agak susah kalau makan nasi,paling banyak 5 suap saja dan terlihat mau muntah.babnya jg gak masalah meskipun tidak tiap hari.dia jg termasuk anak yang aktif.dia menghisap jempol.apa itu jg mempengaruhi nafsu makannya?dan dengan berat badan normal untuk anak seumur dia?terima kasih dok sebelumnnya.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Salam dok. Artikel dokter sangat menarik. Setelah saya baca artikel dokter, ternyata anak saya mempunyai masalah gangguan cerna dengan ciri2 yang hampir 100% seperti yg dokter utarakan diatas. Malah anak saya tergolong sangat aneh pola makannya. Nasi uleg dicampur sama bubur instant trus lauknya juga harus dialusin..gmn ya dok..mohon solusinya biar anak saya bisa makan normal seperti anak2 yg lain dan nafsu makannya dia bagus. terimakasih sebelumnya dok.

    ReplyDelete
  16. dear dok,
    sy yuli, py anak yg sjk bayi ssh untk menelan.ktk mnm susu hrs ktk sdh tdr pulas br bs ketelan,it pun bs 30mnt untk 120ml.utk mnm pk sedotan sprt`a dy mmg trlmbt bs br brusia 1th 3bln&utk mkn jg tdk bs menelan,posisi`a dy trs mangap,utk mknan bs ktln hrs dsumpel dot is air,itpun tdk msk smua krn sbgian bleberan kluar,jd wkt mkn hrs posisi ddk dsenderin dtmbk,mknan`a msh dblender.kl dksh mknan apapun dy menolak kcuali krupuk/kripik dy br mau.buahpun dy menolak.wkt mknpun sm bs 30mnt-1jam kdg" mlh tdk hbs.sprt`a dy trlmbt bicara
    sy mhn solusi`a.. trimakasih

    ReplyDelete
  17. salam dok....
    saya memiliki seorang putri usianya genap 2 th. sudah hampir 2mgg anak saya susah sekali makan bahkan pernah satu hari tidak makan sama sekali. ia hanya mau asi saya sj dan tidak mau susu fomula sama sekali dari usianya 6 bln. saya sempat ke dokter anak dan saya diminta untuk tes mantouxt namun saya minta wktu 1 mgg utk tes tsb. saat ini anak saya deberikan vit yg mengandung zat besi dan obat pencernaannya serta batuknya. setelah dari dokter putri saya sudah mulai
    mau makan memang dg sedikit paksaan tp lumayan sdh dpt masuk makanan. tapi setiap habis makan anak sy lnsng BAB. dan bab nya itu cair 1 hari bisa lebih dr 3kali. trz berat badannya juga hanya 8,2 kg. apakah keadaan anak sy tsb normal atau memang ada penyakit tertentu ya dok??terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  18. terimakasih dokter, artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. Buat para bunda yang anaknya sulit makan wajib baca artikel ini deh.

    Salam Sehat
    http://familyherbal.net/vitabumin-madu-albumin-anak-gemuk-sehat/

    ReplyDelete
  19. We will help deliver the right solution in overcoming difficulty eating in children.
    obat nafsu makan anak

    ReplyDelete
  20. Anak saya berumur 2tahun 4 bulan tetapi belum bisa memakan makanan keras seperti nasi dll, hanya bisa makan sereal dan susu, tp pertumbuhan anak saya baik, kendala apa yang terjadi pada anak saya ya dok???

    ReplyDelete
  21. Anak saya berumur 2tahun 4 bulan tetapi belum bisa memakan makanan keras seperti nasi dll, hanya bisa makan sereal dan susu, tp pertumbuhan anak saya baik, kendala apa yang terjadi pada anak saya ya dok???

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Trimakasih gan sangat membatu sekali, mungkin bisa memberikan sedikit suplemen agar anak dapat menambah nafsu makannya
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum

    ReplyDelete
  24. Kalau anak ga mau makan, jangan dikasih makan, biarin nangis kelaparan, sampai ia benar-benar kelaparan, setelah itu baru kasih makan pasti lahap. :)

    Jadi ga usah pusing ngadepin anak susah makan.
    Tips sederhana, manjur hehhe:)

    ReplyDelete

 
Top