* Bila ASI berkurang dapat diberikan PASI.
** Makanan keluarga yang lembek, mudah dicerna dan tidak pedas.
*** Makanan kecil berupa biskuit, bubur kacang hijau dan lain-lain.

Cara Pembuatan makanan bayi
Air jeruk
B a h a n : 1 buah jeruk garut atau jeruk siam, + (100 gr).
Cara membuat : Jeruk dicuci bersih dan dipotong melintang lalu diperas dan disaring.
Cara pemberian : Untuk pertama kali air jeruk tersebut diencerkan dengan air putih masak dengan perbandingan 1 : 1 dan diberikan sebanyak 1 sdt. Pemberian ini ditambah dari hari ke hari sampai dapat menghabiskan 1 buah jeruk, maka selanjutnya tidak perlu diencerkan lagi. Bila rasanya asam, dapat ditambah gula dalam bentuk sirup secukupnya.

Air tomat
B a h a n : 1 buah tomat (+ 60 gr)
Cara membuat : Tomat dicuci bersih masukkan ke dalam panci yang berisi air panas lalu panci ditutup dan biarkan 3 - 5 menit angkat tomat dari air panas, kupas kulit arinya lalu disaring. Air tomat yang didapat + 6 sdm (50 cc)
Cara pemberian : Untuk pertama kali air tomat diencerkan dengan air putih masak dengan perbandingan 1 : 1 dan diberikan sebanyak 1 sdt. Pemberian ini dari hari ke hari ditambah sampai dapat menghabiskan 1 buah tomat, maka selanjutnya tidak usah diencerkan lagi. Bila rasanya asam, dapat ditambah gula dalam bentuk sirup secukupnya.

Pepaya saring
B a h a n : 1 potong pepaya masak dengan berat + 100 gr
Cara membuat : Pepaya dicuci bersih dan dikupas, buang biji dan bagian yang keras pepaya dipotong-potong atau dihaluskan lalu disaring. Pepaya halus yang didapat + 9 sdm.
Cara pemberian : Untuk pertama kali diberikan 1 sdt, hari-hari selanjutnya ditambah sampai dapat menghabiskan 1 ptg pepaya.

Pisang ambon
B a h a n : 1 buah pisang ambon.
Cara membuat : Pisang dicuci bersih lalu dikupas.
Pisang dikerik halus dan dimasukkan ke dalam cangkir.
Pisang yang telah dikerik sebaiknya dicampur dengan air jeruk/air tomat.
Cara pemberian : Untuk pertama kali diberikan sebanyak 1 sdt. hari-hari selanjutnya ditambah sehingga dapat menghabiskan 1 atau 2 pisang.

Bubur susu
B a h a n : 150 cc susu (3/4 gls)
50 cc air putih (1/4 gls)
10 gr gula putih (1 sdm)
20 gr tepung beras (2 sdm)
garam sedikit, menurut selera.
Cara membuat : Susu didihkan.
Tepung beras diencerkan dengan air 50 cc dan dimasukkan ke dalam susu yang telah mendidih sampai masak, masukkan gula pasir ke dalam bubur tersebut dan ditambah garam kemudian angkat.

Tim saring
B a h a n : 20 gr beras (2 sdm)
10 gr kacang hijau (1 sdm)
25 gr hati ayam (1 ptg)
atau hati sapi, daging cincang atau daging ikan, atau 1 btr telor ayam
10 gr daun bayam (1 genggam)
20 gr tomat (1 bh sdg)
20 gr wortel (1 ptg sdg)
Cara membuat : Beras dan kacang hijau yang telah direndam semalam dicuci lalu ditim dengan 150 cc (3/4 gls) air. Bila sudah 1/2 masak, masukkan hati dan wortel ke dalamnya, biarkan sebentar sampai hati atau penggantinya agak lunak.
Kemudian masukkan bayam, tomat dan garam. Tunggu sampai masak, angkat lalu saring dengan saringan.

Arti Singkatan :
gr : gram
bh : buah
sdg : sedang
gls : gelas
ptg : potong
bj : biji
sdm : sendok makan
bsr : besar
sdt : sendok teh
kcl : kecil

kiriman: Ny. Anita - Surabaya

Post a Comment Blogger

  1. mohon sarannya:

    Anak saya 4 tahun laki2 sering garuk2 kulitnya sampai luka setiap gatal digigit nyamuk.saya khawatir menjadi kebiasaan buruk,mohon saran dari rekan2

    regards

    Jujun

    ReplyDelete
  2. Pak Mochamad yang baik,

    Coba bapak baca artikel tentang gigitan nyamuk pada bayi mungkin membantu.

    Salam
    IDAI

    ReplyDelete
  3. Saya akan coba resep diatas untuk keponakan saya. Tapi resep diatas tidak memberitahukan untuk usia bayi berapa. Apakah bisa untuk bayi dibawah 4 bulan ?.

    Terima kasih.
    http://www.000babyname.com

    ReplyDelete
  4. Dear Yd.I

    sesuai anjuran WHO, sebaiknya bayi di bawah umur 6bln tidak di berikan makan terlebih dahulu.

    maaf jika tidak berkenan.
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. dok, saya lg menyusui bayi saya 5 bln. aman ga kalo saya pakai krim pengencang payudara?

    ReplyDelete
  6. dok, saya pernah membaca artikel penggunaan gula dalam makanan bayi tidak boleh. dan dalam resep bubur susu digunakan gula. saya jadi bingung. Manakah yang benar?

    ReplyDelete
  7. Dok, saya mau tanya
    Anak pertama saya laki-laki umur 3 thn 2 bln masih makan bubur belum mau makan nasi padahal giginya sudah lumayan lengkap, sudah saya coba dgn berbagai cara namun belum berhasil sampai sekarang. Dia masih malas utk mengunyah dok, jadi bubur pun langsung telan dgn dibantu air pernah saya coba dengan nasi tim tetapi akhirnya dia malas ngunyah lagi trus malah jadi muntah dok, bagaimana ya dok mensiasati lagi karena dengan bujuk rayu pun kadang berhasil kadang tidak,mohon diberikan solusinya ?

    ReplyDelete
  8. dok istri sudah menyusui selama 1tahun 1 bulan apakah hal ini masih efektif dilakukan?

    ReplyDelete
  9. thanks alot infonya...
    kebetulan saya lg nyari resep makanan buat anak kami.

    ReplyDelete
  10. thanks alot infonya...
    kebetulan saya lg nyari resep makanan buat anak kami.

    ReplyDelete
  11. thanks alot infonya...
    kebetulan saya lg nyari resep makanan buat anak kami.

    ReplyDelete
  12. Ini untuk bayi usia brp? Setau saya u/ bayi dbwh 1th dlarang memberikan garam dan gula pd makanan dkarenakan memberatkan kerja ginjal bayi dan kalau bs penggunaan gula dan garam ditunda sampai usia 2th

    ReplyDelete
  13. wah bagus baget...artikel ini
    sangat bermanfaat bagi saya..dan orang tua lainnya
    thanks lot

    ReplyDelete
  14. untuk memilih makanan bayi secara aman dan sehat bisa anda baca artikel ini
    makanan bayi aman dan sehat

    ReplyDelete
  15. artikelnya bagus sangat bermanfaat bagi sya yang baru jadi ibu rumah tangga. thanks ya

    ReplyDelete
  16. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata tomat juga boleh diberikan ya? Cukup lengkap nih. Saya sih rencana mau kasih milna bubur bayi organik mpasi terbaik untuk si kecil, tapi pengen cari variasi makanan lain juga biar gak bosan. Saya akan coba beberapa resep diatas untuk makanan pendamping asi

    ReplyDelete

 
Top