September 30th, 2005

Kenapa ya, akhir-akhir ini produsen senang sekali memberi dosis tinggi? Supaya harganya lebih mahal? Supaya konsumen tertarik? Supaya kelihatan 'peduli' pada kesehatan?

Dari "Mengandung DHA paling tinggi" sampai "Vitamin C dosis tinggi" atau "Minum sekarang, untuk nanti" (atau semacam itulah.. emang vitamin & mineral bisa ditabung gituh?), produsen berusaha bilang ke objek iklannya bahwa mereka membutuhkan produk dengan zat tertentu yang konsentrasinya tinggi. Setahu sayah, -dan dibenarkan oleh dr. Wati tercinta serta prof. Sri Rahardjo dari UGM- yang namanya nutrisi tidak bisa ditabung, apalagi mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Kedua mahluk ini dibutuhkan dalam jumlah kecil setiap harinya, dalam artian asupannya bersifat wajib setiap hari dalam dosis yang sesuai dengan yang dibutuhkan (sebab
kelebihannya akan dibuang).

Paling gencar adalah iklan suplemen vitamin C dan kalsium (so far begitu sih, walaupun penasaran juga dengan iklan "Vitamin otak" yang entah binatang nutrisi apa yang dimaksud, saya belum tahu ). Dosis konsumsi vitamin C adalah 90 mg/hari (untuk laki-laki berusia lebih dari 18 thn); 75 mg/hari (untuk perempuan berusia lebih dari 18 thn); 85 mg/hari (untuk ibu hamil berusia lebih dari 18 thn); 120 mg/hari (untuk ibu menyusui berusia lebih dari 18 thn). Jadi kebutuhan vitamin C paling tinggi adalah pada ibu menyusui, sebesar 120 mg/hari.

Dan apa yang kita saksikan di iklan hampir setiap hari? "One thousand miligrams of vitamin C", says Amelia Vega, "Vitamin C 1000 mg, agar tak mudah sakit", kata iklan lain. Hampir 10 kali lipat dari kebutuhan ibu menyusui! Lalu, kemana sisa vitamin C yang tidak terserap? Tentu saja keluar lagi dalam bentuk larutan (alias terlarut dalam air, begitu…), which is keringat dannnn… pipis!!!

So what? So… pipis anda-anda sekalian yang mengkonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi ini berharga mahal, sodara-sodara! Anda hanya mengambil 10% manfaat dari uang yang anda bayar untuk suplemen ini, dan membuang 90%-nya di toilet, yang kalau di tempat umum kemungkinan besar harus bayar (means, mengeluarkan uang lagi). AND WHAT ARE YOU DOING EXACTLY? Tidak efisien dan tidak efektif!

Beberapa iklan sempat saya cemooh, karena menawarkan sesuatu yang 'instant' tapi tampak bodoh untuk saya. Contohnya ya iklan vitamin C ini. Lebih baik mengkonsumsi buah-buahan kaya vitamin (yang isinya tidak hanya vitamin C thok!) setiap hari , daripada minum suplemen vitamin C dosis tinggi tapi kadang-kadang atau hanya menjelang/saat sakit saja. Percuma, toh terbuang 90%. Padahal dari buah-buahan kita dapat serat, vitamin lain (misalnya vitamin A di kulit apel), mineral (misalnya kalium di pisang), rasa enak (enakan mana sih, suplemen sama jeruk segar?), dan pelatihan pencernaan (eits jangan salah! kalau jarang dipake, pencernaan -mulai dari gigi sampai usus- bisa jadi malas lho!).

Diantara kegunaan suplemen vitamin C adalah : 1) mengobati kekurangan vitamin C (scurvy, scorbut ) [grade A; Strong scientific evidence for this use], 2) pencegahan flu (cold) hingga 50% dalam lingkungan ekstrim (sub-arktik, pelari maraton, pemain ski) [grade B; Good scientific evidence for this use], 3) memperbaiki penyerapan zat besi [grade B]. Di luar itu, pencegahan dan pengobatan flu secara umum (maksudnya untuk orang-orang dalam kondisi normal) termasuk dalam grade D ( it may not work).

So, SAVE YOUR MONEY. Get other useful things to buy. Memang bener ilmu itu mahal, karena bisa mencegah pengeluaran untuk baanyaaaakkkk sekali hal-hal yang ternyata tak perlu dalam hidup ini


Kisah di Balik 1000 mg Vitamin C

March 24th, 2006

Di belakang maraknya suplemen vitamin megadosis ada seorang tokoh yang berjasa. Linus Pauling, Ph.D ., peraih dua penghargaan Nobel untuk kimia (1954) dan perdamaian (1962).

Temuannya yang paling populer adalah:
Vitamin C dosis tinggi dapat mencegah selesma dan flu hingga 45%, mencegah serta menyembuhkan 75% dari semua kanker, dan memperpanjang masa hidup penderita kanker hingga 4-5 kali lebih lama (dibandingkan dengan yang tidak mendapat terapi vitamin C tersebut).

Secara umum, Pauling mengklaim bahwa konsumsi vitamin(-vitamin) dalam megadosis dapat "memperbaiki kesehatan… meningkatkan kenikmatan hidup dan membantu mengendalikan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lain serta memperlambat proses penuaan".

Merasa pernah mendengar bunyi klaim tersebut dari produsen suplemen dan menjadi tertarik mengonsumsi produknya? SELAMAT! Anda sudah terjebak dalam quackery!

Terjemah bebas quackery dalam bahasa Indonesia adalah usaha apapun yang melibatkan promosi suatu produk atau sistem kesehatan secara berlebihan . Klaim Pauling mengenai terapi megadosis vitamin C untuk penderita kanker diuji dan dikaji ulang oleh MayoClinic sebanyak 3 kali dengan hasil:

TIDAK ADA keuntungan yang konsisten dari vitamin C yang diberikan pada penderita kanker stadium lanjut. Bahkan, vitamin C dosis tinggi dapat memberikan dampak yang berlawanan.

Dosis oral (diminum) yang tinggi dapat menyebabkan diare. Sedangkan dosis tinggi yang diberikan lewat infus (intravenous) menyebabkan gagal ginjal akibat penyumbatan oleh kristal oksalat. Walaupun fakta ini sudah gamblang dinyatakan, mengapa masih banyak orang yang 'bersaksi' bahwa vitamin C dosis tinggi berguna dan banyak membantu? Vitamin C memberikan efek antihistamin. Sedangkan histamin -dalam konsentrasi berbeda-beda- hampir selalu dilepas dalam saluran pernafasan sebagai reaksi serupa-alergi terhadap selesma. Sehingga yang dirasakan oleh penderita selesma (atau flu) adalah perbaikan yang 'palsu'.

Rekomendasi penggunaan vitamin dalam megadosis oleh Pauling bisa jadi 'menyemangati' para produsen suplemen (atau mereka biasa bilang 'makanan kesehatan' a.k.a. health foods) untuk membanjiri pasar dunia dengan produk mereka.

Tuduhan 'main mata' antara Pauling dan industri vitamin bukan omong kosong, sebab donor utama Linus Pauling Institute of Medicine adalah Hoffmann-La Roche, perusahaan farmasi besar yang memproduksi mayoritas vitamin C yang beredar di dunia pada saat itu (sekitar tahun 1973).

Pada tahun 1994, Arthur Robinson (kolega Linus Pauling dalam penelitian) membuat rangkuman hasil penelitian yang menyebabkannya dipecat dari Linus Pauling Institute of Medicine:

Vitamin C dosis 1 - 5 gram per hari meningkatkan laju pertumbuhan kanker pada manusia. Namun pertumbuhan kanker terhambat pada dosis 100 gram per hari, mendekati dosis mematikan.

Masih berpikir bahwa semakin besar dosis vitamin maka akan semakin besar manfaatnya? Saya harap tidak.

Save your money. Think smart, act wise, live healthy. Jangan terjebak pada klaim indah suplemen.

Post a Comment Blogger

  1. Mau klaim aja.
    Dua tulisan ini saya yang membuat :)
    http://lita.inirumahku.com/health/lita/kisah-di-balik-1000-mg-vitamin-c/ dan http://lita.inirumahku.com/health/lita/iklan-vitamin-c/

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih klaimnya. Kita dapat artikel ini dari milis, tidak ada nama pengarang disebutkan disitu, cuma menyatakan 'sebuah artikel bagus'....dengan ini self-explanatory bahwa tulisan mbak Lita telah kita muat diatas.

    ReplyDelete
  3. kDear Ibu,
    Saya sgt sng baca artikel ibu tentang komsumsi vit c dosis tinggi, tapi juga bingung tuh, ceritanya begini. Saya skrg tggl di negeri Tulip sdh kisaran 7n thn n belakangan 3 thn terakhir ini, kalo lagi musim bunga ato bangun tidur, saya bersin2 nonstop(alias alergi) n loyo n sebel sekali rasanya kalo bersin-bersin terus n kalo bersin dibiarin terus saya bisa sampe demam.Biasanya saya telan pil decolgen sampe 2 hari kalo 1 hari tdk membantu, tapi setelah itu saya ngantuk kisaran 2 hari terus kisaran 1 bln yg lalu saya coba dgn vit c 500mg per hari, kadang membantu kadang tidak,tapi begitu 1000 mg per hari, sangat membantu lorrr Ibu , tapi disamping itu saya juga sangat kawatir kalo ada efek sampingannya dgn dosis tinggi,perlu ibu ketahui bahwa sewaktu saya masih tinggal di Indo juga selalu alergi, tiap hari bangun tidur juga selalu bersin2 n kalo bersinnya tdk mau berhenti terpaksalah decolgen obatnya. Sambil menunggu nasihat dari Ibu terlebih dahulu sayamengucapkan banyak terima kasih

    ReplyDelete
  4. ya untuk mengatasi alergi2 yang ibu/bapak rasakan mungkin ibu/bapak bisa melakukan terapi alamai dengan rajin mengkonsumsi madu + blackseed,,,itu sangat baik dan membantu,,,dan itulah obat lamai alias herbal...selamat mencoba...

    ReplyDelete
  5. Saya cuma mau nanya sekaligus sharing.
    Menurut Mba/Ibu Lita diatas bahwa kebutuhan Vit C orang dewasa adalah 75 - 90mg/hari. Berarti harus mengkonsumsi jus jeruk minimal 400ml/hari karena kandungan Vit C pada jeruk adalah 20mg/100ml. Untuk mendapatkan 400ml itu dibutuhkan sekitar 1kg atau 8 buah jeruk. (kenapa saya pake contoh jeruk? karena buah jeruk merupakan buah yang murah)
    Rata-rata harga jeruk adalah Rp.20.000,-/kg, jadinya kita membutuhkan biaya Rp.20.000,-/hari/org. Bagi keluarga mampu itu bukan masalah, bagaimana dengan keluarga kurang mampu, tentunya mereka akan memilih Vit C dalam bentuk kemasan karena selain dosisnya tinggi, harganya juga murah (paling mahal Rp.5.000,-/kemasan/org).
    Itu saja sedikit sharing dari saya, dan pertanyaannya saya adalah: kira-kira apa solusi bagi masyarakat kurang mampu agar dapat memenuhi kebutuhan Vit C-nya secara alami.

    ReplyDelete

  6. Artikelnya keren sangat membantu.trim sob




    OBAT PEMBESAR ALAT VITAL NO1

    OBAT PEMBESAR ALAT VITAL NO1

    PT Vimax Indonesia adalah Distributor Resmi Vimax Canada di Indonesia. Pastikan PT. Vimax Indonesia untuk obat pembesar alat vital
    terbaik isi 30 capsulles. obat pembesar no 1












    ReplyDelete

 
Top