Anna Surti Ariani Teguh Budiman

Wed, 07 Jun 2006 04:35:11 -0700

Iya nih, lagi sepi milisnya! Saya mau ngeramein ah....

Dear Mama Diva, Mbak Sari, Mbak Rosa,

Setelah lewat seminggu terakhir kita ngebahas topik baca dan tulis untuk anak ini, akhirnya baru sekarang deh sempet nulis yg agak panjang lagi, hehehe.

Mau komentar tentang beberapa hal dari email2 ini. For Mama Diva, saya juga ngajarin Stella huruf kapital dulu baru huruf kecil. Soalnya saya juga baru tau tentang konsep ngajarin huruf kecil duluan ini setelah Stella bisa ngebedain berbagai huruf besar itu. Ya sudahlah kepalang tanggung, sekarang ini sedang ngenalin lagi huruf kecilnya. Kalau menurut saya sih, nggak usah cemas ya kalau kita kebalik gitu. Yang penting itu kan sebetulnya pengenalan bentuk, entah itu bentuk huruf atau bentuk angka, kalau memang anak bisa, ya lanjutin. Kalau anaknya belum tertarik, belum usia 5 tahun kan, tenang aja…… Ada ahli yg bilang bahwa standarnya sebetulnya anak usia 5 tahun itu mengenal 10 huruf, termasuk huruf2 yg ada di namanya, belum nulis lho ini. Jadi kalau 5 tahun udah bisa lebih dari 10 huruf, ya bagus, selama pengenalannya nggak dipaksa.

Oya tambahan, kabarnya nih, huruf kecil yang bagus dikenalin ke anak bukan jenis huruf times new roman (lihat bentuk 'a'nya), tapi bentuk huruf comic sans ('a'nya bullet). Kebayang kan, hehehehe.

Diva belum tertarik sama huruf 'I'? Tenang…. Santai aja sambil terus ngenalin, cari cara2 yg fun, ntar lama2 juga mau. Btw, namanya dia kan ada unsur huruf 'I', bisa aja nama dia dituliskan di barang2nya. Bisa pake misalnya stiker putih ditulisin 'diva', tempelin stikernya di buku2 atau mainan2nya. Minta Diva untuk mencari mana tulisan 'diva'. Bisa juga disalah2in, misalnya 'dava', 'difa', 'davi', 'vida', dll, supaya dia ngeh cari mana nama yang bener. Ini kan sekalian melatih kemampuan observasi alias pengamatan, ketelitian dan sekaligus kesadaran akan huruf.

Nulis 'A' terbalik? Ini juga santai aja, jangan beranggapan bahwa ini ciri2 disleksia / disgrafia atau kesulitan belajar lain yg namanya serem2 itu. Namanya juga anak di bawah 4 tahun, kiri kanan kadang2 suka kebalik, atas bawah juga kadang2 ketuker, tapi dengan semakin sering melihat huruf yg bener, ntar lama2 juga ngeh kok.

Nulis nggak liat2 garis? Cek dulu, garisnya segede dan setebel apa. Yang pasti, anak seusia ini kemampuan motorik halusnya memang masih kasar, ya susah dong kalau bikin gambar atau tulisan kecil2. Udah gitu, memang dia belum sensitif sama batasan2 seperti garis (nggak heran, kalau diminta mewarnai gambar, lebih sering lewat garis dibanding yang kita sebut 'rapih' kan). Mulai aja lagi dengan mewarnai gambar, cari gambar yg batas2 garisnya tebel, bahkan kalau perlu batas garisnya timbul (itu tuh, kayak yg suka ada di toko mainan. Kalau nggak nemu atau males beli, kita bisa akalin dengan kasih glitter untuk batas2 gambarnya atau kalau glitter mahal, kasih lem terus kasih benang, ugh, sok kreatif deh saya). Terus anak juga bisa diminta untuk nebelin titik2 atau tracing (mmmmm, terjemahannya apa ya, menjejaki?) supaya lebih sensitif sama garis2 batas.

Di email lain, Mama Diva cerita bahwa keponakan tau2 aja bisa baca padahal nggak pernah distimulus apapun. Ini bisa banget terjadi. Banyak kemungkinan, misalnya dia ternyata memang pada dasarnya pandai sehingga bisa nangkep berbagai stimulus nggak langsung di sekitarnya, bisa juga selama ini 'cuma' diajarin ngebedain bentuk (padahal memang itu step yg bener) sehingga ketika diminta ngebedain bentuk huruf ya langsung bisa. Bisa juga, kalau nurutin Jeng Montessori, pengenalan baca ini pas banget di 'sensitive period'nya alias masa emas dia untuk belajar baca. Tiap anak punya masa sensitive period yg beda2 tipis, tapi kalau kita ngenalin sesuatu pas di masa tersebut, anak akan nangkep cepet sekali dibandingkan ketika dikenalin konsep tersebut tidak di masa yang pas.

Oya, saya mau share sedikit tentang permainan mengenalkan huruf & angka untuk anak balita yg sering saya lakukan untuk Stella (3 tahunan), putri saya yg aktif banget susah diajak duduk tenang. Bisa baca buku dan menunjuk tulisan pakai jari biar anak ngeh bahwa 'ada tulisan di buku!' dan dia tahu guna belajar membaca dan menulis (bisa memahami isi buku & dapet berbagai cerita menarik tanpa harus minta tolong bapak ibu). Sambil jalan2 kita sering tebak huruf ("Ibu lihat ada huruf a besar sekali, Stella liat nggak?"), cari rambu lalulintas ("Stella, ada huruf S dicoret! Itu artinya nggak boleh Stop" dengan huruf S di kata stop yg saya desiskan, gunanya biar dia ngeh ada hubungan antara huruf S dengan kata stop). Saya dan suami juga sering tanya huruf dan angka apa yang dia lihat di plat nomor mobil di depan kita, sambil mengajak dia berpikir kenapa ya ada plat nomor yg warna kuning ada yg hitam, dll. Kadang2 saya minta Stella untuk menelpon eyangnya, saya diktekan aja nomornya, dia yang pencet. Awal2nya pasti diawasi, daripada salah sambung, hihihihihihi, tapi sekarang dia bisa nelpon sendiri. Pas saya kerja ngetik di rumah, dia kan biasanya bawaannya pingin ngetik tuh hahahahaha, nah, ini jadi salah satu pilar utama saya ngenalin huruf deh (sambil memperlihatkan hubungan antara huruf besar dan huruf kecil). Saya berencana, mau menempelkan tulisan2 di beberapa benda supaya dia bisa mengenali bentuk tulisan (daripada belajar b-a-ba, Stella sampai saat ini nggak tahan, kita main langsung penerapan di dunia nyata aja deh), misalnya tulisan 'pintu' di pintu, dll. Oya, saya cuma pernah beliin satu mainan yg bentuknya huruf, itu tuh puzzle huruf, dia doyan juga. Tapi selebihnya, saya lebih suka ngenalin huruf dari dunia nyata, lebih asyik dan lebih murah :P

Alamak, panjang ya tulisanku. Aduh maaf ya Nakitaers, kalau udah semangat gini, suka lupa nyetop….

Nina




2006/5/31, Sekretaris Indogrosir Bandung
Siang Mbak Nina dan Nakitaers.......
Wah.. saya sangat tertarik nih sama tema ini.
Anak saya Diva ( 3 tahun 7 bulan ), udah bisa baca huruf abjad, kebisaan ini udah dari sejak dia umur 2 tahun. Cuma sayangnya saya salah ngajarinnya, yaitu dari huruf kapital bukan dari huruf kecil.
Sekarang saya mulai ngajarin dia baca, dan Alhamdulillah sedkit2 dia udah hafal huruf kecilnya walaupun rada susah. Juga dia udah bisa baca tapi yang bunyinya "a" aja, misalnya ma,na, ba, dst, dst. Cuma kalo udah pindah ke yang bunyinya i, kenapa ya ko dia kayaknya malas banget. Saya ajarin bi, ni, di, dst, ehh... dianya malah gak mau, tetep aja dia baca ba, na, da, dst.
Saya sih gak pernah paksa, kalo dia udah maunya gitu, ya udah .. tapi saya takut juga kalo dibiarin terus nanti jadi gak bisa2, nah kira2 gimana cara ngajarinnya ya, maksudnya biar dia tertarik sama huruf2 "i" ini, atau yang lainnya juga gitu, karena selain huruf "i" kan ada huruf konsonan lainnya.
Diva juga udah bisa nulis huruf2 walaupun belum sempurna, lucunya paling hobi dia nulis huruf Q, mungkin karena bentuknya yang bulat dan tinggal dikasih garis sedikit atau gimana, pokonya dia paling gemar dengan huruf Q, dan kalo dia udah nulis huruf itu dia suka liatin ke saya dan kayaknya bangga......... banget gitu lo. Cuma satu hal, kalo dia nulis suka terbalik, jadi misal nulis huruf A, nulisnya sih bener tapi kebalik gitu, jadi kayak huruf V tapi dikasih garis ditengah, jadi ya kalo dibalik bukunya sih memang bener itu huruf A, dan itu sangat2 sering dia lakukan. dan satu hal lagi kalo dia nulis gak pernah liat garis buku tulisnya, jadi dia nulis sembarang aja dimana, dan gedenya pun seperti apa gitu, apa memang mulanya seperti itu ya, kira2 cara ngarahinnya supaya rapih gitu gimana ya ?
Aduh maaf nih Mbak NIna dan nakitaers, curhatnya panjang. Mohon pencerahannya ya.
Sebelumnya terima kasih.

salam,
Mama Diva

Post a Comment Blogger

 
Top