Seberapa sering anda memakai obat nyamuk? Apa mereknya? Apa jenisnya? ampuhkah? berapa harganya? itulah pertanyaan yang sering mucul tentang obat nyamuk, tapi berapa banyak yang bertanya AMANKAH ? Aku harus bilang bahwa saat ini boleh dibilang tidak ada satu pun obat nyamuk di Indonesia yang benar2 ampuh dan AMAN.

Prinsip dasar yang harus dipahami semua orang ketika menggunakan obat nyamuk adalah bahwa zat yang dipakai itu RACUN, dan tidak ada racun yang benar2 aman. iklan2 di TV dan media lain menyesatkan. Tahu iklan Baygon terbaru tentang Baygon biru yang gak bikin batuk ato wanginya segar? Itu iklan yang keterlaluan dan sangat menyesatkan, karena seolah2 dengan menggunkan Baygon biru kita boleh tetap berada di ruangan saat penyemprotan terjadi.

Baygon mengandung 2 racun utama yaitu Propoxur dan transfluthrin. Propoxur adalah senyawa karbamat (senyawa antaranya,MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang penggunaannya di luar negri karena duduga kuat sebagai zat karsinogenik sedangkan transfluthrin relatif aman hingga saat ini. temenku pernah 'mabuk' propoxur karena menyentuhnya dengan tangan yang sudah menggunakan sarung tangan... 7 hari panas dingin gak keruan. Kalau yang lain bagaimana?

HIT yang promosinya sebagai obat nyamuk ampuh dan murah memang benar bahkan sedikit lebih ampuh dari Baygon tapi sangat berbahaya karena bukan hanya menggunakan Propoxur tapi juga DDVP atau dichlorvos... zat turunan chlorine yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia. Murah tapi berbahaya, pilih mana?

Sedangkan obat nyamuk lain seperti Baygon tutup hijau, Vape, raid dan mortein memang non propoxur dan non DDVP tapi keampuhannya sangat diragukan, mereka hanya efektif melawan nyamnuk Aedes tapi berantakan saat melawan nyamuk Culex sp (ini nyamuk malam yang sering gangguin kita).

Wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot semestinya justru menjadi indikasi bahwa kita tidak boleh berada diruangan tsb selama bau masih tercium, kurang lebih selama 1 jam.... Obat nyamuk tipe lain bagaimana? Sama saja, obat nyamuk bakar jelas menghasilkan asap dan racun, jenis electrik pun tetap menghasilkan racun (HIT bahkan menggunakan propoxur untuk obat nyamuk elektiknya). Penggunaaan obat nyamuk dengan cara dibakar atau dengan listrik harus dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proporsi kandungan oksigen dalam ruangan.

Kalau reppelent atau penolak nyamuk seperti Autan, sari Puspa/Soffell, atau Lavender gimana? Ketiganya mengandung racun bernama Diethyltoluamide atau DEET, DEET ini sangat korosif, Autan tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan minggu akan mengikis lapisannya. Bayangkan bila itu kena kulit kita? Jadi sekali lagi telah terjadi pembohongan publik lewat iklan anti nyamuk yang lembut bagi kulit, mana mungkin zat yangjelas2 merusak kulit dapat merawat kulit, bahkan setelah ditambahi embel2 menggunkan Aloe Vera atau zat pelembab lain tetap saja berbahaya, jangan gunakan pada kulit yang sensitif atau anak dibawah usia 2 tahun.

Jadi gimana? Back to nature, kalau malam pakai kelambu, kalau siang pakai tangan or raket listrik. Obat nyamuk hanya digunakan bila gangguan memang sudah tak terkendali atau melebihi batas toleransi dan GUNAKAN DENGAN CARA YANG AMAN..... jangan pernahberfikir racun itu aman..... beberapa memang ampuh tapi tak ada yang benar2 aman... pilihlah yang efek racunnya paling kecil, jika sekedar untuk mengendalikan (bukan membasmi) nyamuk maka pilihan terbaik adalah Baygon Tutup hijau (racunnya transfluthrin danCyfluthrin) Vape or Mortein, kalau perlu mengendalikan kecoa maka Baygon selain tutup hijau dan Mortein adalah pilihan terbaik.

Kalau obat nyamuk bakar sih hampir sama semua... obat nyamuk elektrik pilihannya ada pada Baygon or Vape, sedagkan lotion penolak nyamuk antara Sari Puspa or Autan (kandungan DEET 13 dan 12.5 %, sedangkan Lavender hingga 15%).... semuanya terserah anda.

Best Regards,

Post a Comment Blogger

  1. thanks..info yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. terimakasih anon....

    ReplyDelete
  3. coba tanya di milis IDAI mbak fira....

    ReplyDelete
  4. Pake aja obat nyamuk alami yang terdapat dalam tanaman2 berikut ini Citronella, cedar, verbena, geranium, lavender, pine, cajeput, cinnamon, rosemary, basil, thyme, allspice, garlic(bawang putih), and peppermint lengkapnya ada di http://www.digithalia.com/2007/11/05/non-toxic-bug-repellents/

    ReplyDelete
  5. kalau saya pikir lebih baik pakai obat nyamuk apapun jenis dan merk nya dari pada ada nyamuk dan kita atau anak kita terkena penyakit yang disebabkan nyamuk dan kemungkinan bisa meninggal mendadak

    ReplyDelete
  6. Sebetulnya ada jalan tengah, pasang kawat nyamuk di seluruh arus udara keluar masuk rumah kita.....nggak ada insektisida, nggak ada nyamuk ! Gampang toh ?

    ReplyDelete
  7. klu zwitsal for baby aman ga?anak ku dr 3bln udah ksh itu..karna kapal selamnya udah ga muat :D

    ReplyDelete
  8. bgm kalo ventilasinya cuma satu sisi aja yg bagus,satunya lg kurang.aman gak?anakku(13bln)jg pake zwitsal f baby.tp gak tiap malam.

    ReplyDelete
  9. thx bgt infonya..meski telat...:-) cm pgn berbagi aja...klo saya ventilasi rmh saya ksih kawat, trus pke raket nyamuk aja...pokoknya setiap udah jam6 tutup smua pintu & jendela biar gak ada jln bwt nyamuk masuk...gitu...

    ReplyDelete
  10. hi saya jeanne...kalau memakai zwitsal baby protector (baby skin guard lotion) untuk mengusir nyamuk aman ga buat bayi berumur 10 bulan?? thx..

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. saya niko. mau nanya klu anak suka ambil duit Bagaimana cara mengatasinya ya ? Tq....

    ReplyDelete
  13. kalau memang beberapa obat nyamuk mengandung zat2 yg berbahaya bagi kesehatan, mengapa produk itu masih dapat beredar dengan bebas???? bagaimana nasib mereka yg tdk berkesempatan membaca informasi in????

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan obat nyamuk yg berbahaya, rokok yang jelas2 membahayakan masih di jual bebas tuh... tanya kenapa?

      Delete
  14. Good artikel dan berani dalam menyebut nama2 merek. Saya salut pada penulis :)

    ReplyDelete
  15. makasih gan
    lmayan buat referensi obat nyamuk niih :D

    ReplyDelete
  16. ini TS keknya salah deh coba baca lagi kemasan masing2 brand terutama yang H*T bahan2nya tuh Praletrin sama d-aletrin cek klo ngga percaya so buat semuanya teliti dlu sebelum mencerna tulisannya belom tentu benar

    ReplyDelete
  17. Obat nyamuk tuh sma kyak rokok.
    Memangx ada yg keracunan kena rokok?
    Ga kn, tapi smua tau klw rokok tu bhya.
    Sma lh kyak obat nyamuk..
    Bgus sdah adminx ngasih info.
    Brani nyebut merkx lagi.

    ReplyDelete
  18. Sekedar ngasih taw gan,

    Autan mengandung deet 15 %
    yg 13 % itu soffel. Bkn autan..

    Brusan saia priksa. Kbtulan saya pernah pake autan. Bngkus a blum d buang.

    ReplyDelete
  19. yang tercantum di kemasan produk gak semuanya benar bro, tetap jaga demi kesehatan keluarga lo

    ReplyDelete
  20. Trus cara basmi nyamuk yg bener gmna ya?yg pastinya aman.soalnya ak semprot nyamuk pake hit di dada sesek banget,mual2 sampai mau muntah

    ReplyDelete
  21. Ane 2 tahun pake model obat nyamuk One Push Aerosol alhamdulillah masih hidup dan bebas demam berdarah. Tetangga ane pake kelambu malah mati demam berdarah. Yg bikin mati itu klo obat nyamuknya diminum/ditelen.

    ReplyDelete
  22. Mau bebas nyamuk.... ikuti kegiatan PJB tiap bln...PJB(pemberantasan jentik berkala)

    ReplyDelete
  23. Semua bahan di dunia berbahaya kalau berlebihan, makan nasi berlebihan jg berbahaya.. ada penyakit gula. Apa kita haris berhenti makan hehehe. Intinya jangan berlebihan

    ReplyDelete
  24. Semua bahan di dunia berbahaya kalau berlebihan, makan nasi berlebihan jg berbahaya.. ada penyakit gula. Apa kita haris berhenti makan hehehe. Intinya jangan berlebihan

    ReplyDelete
  25. Sebenarnya mau pakai merk apapun, namanya obat pembasmi serangga pasti bahannya racun, nah kita penggunanya yg hrs bijaksana, ga salah mau merk A atau B asal penggunaannya tepat saya kira tidak akan ada masalah apapun. Kalau menurut pengalaman pribadi, semprot kamar cukup 2- 3x saja ke arah agak condong ke atas, jangan disudut2 lantai atau jendela karena minyak akan menempel disana, dan bahaya untuk anak2, kemudian tutuplah kamar rapat dan tinggalkan selama 30 menit, kemudian, buka jendela2 kamar, tentunya jendela sudah diberi kasa ya, kipasi kamar selama 30 menit setelahnya jadi sisa udara beracun bisa keluar lewat ventilasi, dan tentunya waktu 30 menit sudah cukup membuat nyamuk2 berjatuhan, dan anak2 pun tidak menghirup udara beracun, semoga pengalaman ini bisa membantu Anda semua ��

    ReplyDelete
  26. lebih mujarab lagi pake Hit Obat Nyamuk deeh
    pasti nyamuk2 pada KO

    ReplyDelete
  27. Sekarang HIT Obat Nyamuk sudah lebih aman digunakan. Apalagi HIT Obat Nyamuk Terbaik sudah bersahabat dan ampuh untuk mengusir nyamuk

    ReplyDelete
  28. Komentarnya kok gado...
    Teks di atas benar... Tidak aman pakai gituan..

    ReplyDelete

 
Top