Bila ditinggal sendirian, si kecil Joseph Hughes bisa membahayakan dirinya sendiri. Bagaimana tidak, ia memiliki kebiasaan makan yang aneh bahkan bisa mematikan, yaitu kabel listrik dan charger ponsel.

Joseph Hughes (5 tahun) mengidap Pica, yaitu penyakit pola makan yang membuat penderitanya makan benda-benda selain makanan. Tapi yang diidap Joseph sangat membahayakan karena berhubungan dengan listrik.

Betapa terkejutnya sang ibu, Kate Jarvis (25 tahun), saat pertama kali melihat putranya sedang mengunyah kabel listrik game dan charger ponsel. Untungnya, kedua kabel tersebut tidak sedang dalam posisi terhubung listrik.

Tapi ketakutan Kate terus ada karena bisa saja suatu saat Joseph melakukannya saat kabel benar-benar terhubung dengan listrik.

Untuk membuatnya lebih aman, Kate memakaikan Joseph sepatu bersol karet untuk melindunginya dari bahaya listrik.

"Pertama kali saya melihat Joseph mengunyah kabel listrik, saya sangat ketakutan. Saya dan ayahnya berbicara padanya tentang bagaimana bahaya bisa terjadi, tetapi dia punya keinginan makan yang kuat dan hal itu terjadi lagi," jelas Kate yang tinggal di Preston, Lancashire, Inggris, seperti dilansir Thesun, Jumat (3/8/2012).

Kini ibu tiga anak ini telah menyembunyikan semua peralatan listrik di rumahnya untuk melindungi Joseph, yang telah didiagnosis dengan Pica.

Penyakit Pica

Orang yang makan makanan aneh seperti tanah, pasir, kapur, puntung rokok, lampu, bulu bahkan kotoran binatang didiagnosa sebagai penderita Pica yakni penyakit pola makan yang aneh.

Pica biasa terjadi pada anak-anak, ibu hamil dan orang dewasa. Penderita Pica biasanya mengonsumsi makanan yang tidak masuk akal. Penyebabnya hingga kini masih belum diketahui dengan jelas. Tapi beberapa peneliti menduga kurangnya zat besi dan anemia memicu pola makan tersebut.

Penggunaan obat-obatan hanya diperlukan jika penderita Pica sudah mengalami gangguan atau penyakit mental. Yang terpenting dalam mengobati penderita Pica adalah terapi perawatan medis dan psikologis.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

 
Top