NEW YORK, AMERIKA SERIKAT,Siapapun tahu bahwa air susu ibu (ASI) mengandung nutrisi baik untuk para bayi baru lahir. Sebuah penelitian kemudian mengatakan ASI memiliki 700 jenis bakteri. Peneliti pun mempelajari fungsi setiap jenis bakteri tersebut.

Peneliti asal Spanyol memetakan bakteri mikrobiota pada ASI milik 18 perempuan yang baru menjadi ibu. Peneliti sebelumnya mengetahui ASI dapat membentuk bakteri flora atau komunitas bakteri unik yang berbeda pada tiap orang.

Penelitian melibatkan 18 ibu baru. Peneliti juga memberikan pertanyaan selama tiga periode waktu berbeda yaitu enam bulan setelah kelahiran, satu bulan setelah kelahiran atau masa ASI mengandung nutrisi kolostrum, dan ekskresi pertama kelenjar susu setelah kelahiran.

`Penelitian ini merupakan kali pertama mendokumentasikan berbagai perbedaan dengan teknik pyrosequencing (teknik penentuan DNA dengan sekuensing skala besar) terhadap sampel kolostrum dan ASI. Kemudian dikumpulkan pada satu dan enam bulan masa menyusui,` kata seorang anggota peneliti.

Ditemukan 700 jenis bakteri pada kolostrum. Beberapa di antaranya seperti Weissella, Leuconostoc, Staphylococcus, Streptococcus, dan Lactococcus. Seiring bayi berkembang, jenis bakteri pun berubah. Bahkan beberapa bakteri tumbuh seperti Veillonella, Leptotrichia, dan Prevotella.

Variabel kelahiran pun memengaruhi keragaman bakteri pada ASI. Misalnya, ibu yang kelebihan berat badan memiliki jenis bakteri yang sebanyak ibu yang menjaga bobot tubuhnya tetap ideal selama kehamilan. Begitu pula dengan ibu yang menjalani operasi caesar karena kondisi darurat memiliki kadar bakteri tak sebanyak mereka yang menjalani persalinan normal. Menurut peneliti, hormon ibu juga memengaruhi keberagaman hayati pada ASI.

Saat ini, peneliti mempelajari peranan ASI pada sistem metabolic dan imunisasi bayi. Apakah bakteri bisa membantu sistem pencernaan bayi? Apakah bakteri-bakteri itu membantu pencernaan membedakan asupan yang menguntungkan dan asing?

`Penelitian tentang peran bakteri dalam ASI itu penting dengan menghubungkannya dengan sistem kekebalan bayi seperti mengurangi risiko alergi, asma, dan penyakit autoimun,` tambah peneliti. Hasil penelitian itu dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

  1. itulah hebatnya air susu ibu yang tidak bakal bisa disamakan dengan susu formula

    ReplyDelete

 
Top