Kehamilan selama 9 bulan dan proses persalinan tentu membuat ibu hamil mengalami perubahan secara fisik dan psikologi. Banyak wanita setelah melahirkan akan mengalami masalah yang cukup mengganggu kesehatan maupun penampilan. Sehingga tentu mereka membutuhkan informasi mengenai cara-cara yang tepat untuk mengatasinya.

Adapun beberapa cara mengatasiGangguan Kesehatan setelah melahirkan, adalah sebagai berikut:

Mengatasi Keletihan Setelah Melahirkan
Banyak wanita yang merasakan keletihan dalam waktu yang lama, disertai dengan kondisi badan yang lemas. Hal ini diperparah dengan situasi ibu yang harus mengurus dan menyusui bayi. Kondisi keletihan harus segera diatasi, agar ibu bisa segera merawat bayinya secara maksimal, dengan cara:

Memanajemen waktu dengan tepat, apabila bayi anda sedang beristirahat maka anda juga harus beristirahat.

Apabila ibu menyusui kewalahan pekerjaan rumah, mintalah bantuan orang- orang terdekat untuk membantu meringankan pekerjaan.

Konsumsi makanan yang memenuhi gizi dalam jumlah yang cukup. kurma dan madu bisa menjadi pilihan untuk menjaga tubuh.

Pastikan minum yang cukup agar tubuh ibu setelah melahirkan tidak lemas.

Mengatasi Kontraksi Rahim Setelah Melahirkan
Ibu setelah melahirkan masih mungkin mengalami kontraksi rahim, yang ditandai dengan kejang atau kram perut. Kondisi ini terjadi karena merupakan cara untuk mengerutkan kembali pembuluh darah yang terbuka karena terpisah dengan ari-ari. Kontraksi rahim biasanya akan meningkat ketika anda menyusui, karena reaksi hormon oksitosin. Untuk mengatasi Kontraksi Rahim setelah melahirkan, anda mengatur pola istirahat, dan apabila kontraksi semakin meningkat segera konsultasikan ke dokter atau bidan.

Mengatasi Darah Berlebih Setelah Melahirkan

Masa Nifas Ibu Melahirkan, tentu akan semakin sedikit dari hari kehari. Sehingga apabila seorang wanita mengalami pendarahan nifas yang semakin hari semakin meningkat, maka segera lakukan pemeriksaan kepada dokter. Namun apabila pendarahan yang banyak hanya terjadi dua hingga tiga hari dengan volume darah semakin sedikit, hal tersebut merupakan hal yang biasa dan akan normal ketika ibu cukup beristirahat.

Mengatasi Masalah Buang Air Kecil Setelah Melahirkan

Ibu Setelah melahirkan, biasanya kandung kemih membutuhkan pengosongan selama 6 – 8 jam. Namun bagi anda yang sulit kencing setelah melahirkan, bisa melakukan jalan jalan untuk menggerakan otot-otot, dan meningkatkan konsumsi air harian. memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti minum air cukup setiap harinya. Apabila gangguan kencing belum juga teratas, anda bisa mencoba berendam di air hangat menimbulkan keinginan untuk buang air kecil.

Ringkasan:

Persalinan merupakan proses panjang yang memicu beberapa masalah pada wanita,
Gangguan Kesehatan yang sering dialami wanita setelah melahirkan adalah keletihan, kontraksi rahim, darah nifas berlebih dan gangguan kencing.

Kalau artikel diatas bermanfaat, lebih baik anda berlangganan di bawah ini :



Powered by FeedBlitz

Post a Comment Blogger

 
Top