Mata Bayi yang Lengket sering terjadi ketika bangun tidur di pagi hari. Namun apabila Mata lengket disebabkan karena kondisi tidak normal, maka biasanya akan disertai dengan adanya cairan keruh dimata bayi. Bahaya atau tidaknya Mata bayi yang lengket, harus dilihat gejala yang dialami bayi. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan penangan secara tepat dan tidak memperparah keadaan.

Adapun penjelasan mengenai penyebab dan bagaimana mengatasi Mata Bayi yang Lengkat adalah sebagai berikut:

Mata Bayi Lengket karena Kontaminasi saat Persalinan

Mata Bayi yang Lengket bisa disebabkan karena adanya kontaminasi cairan ketuban atau darah saat persalinan. Hal ini menyebabkan mata bayi terinfeksi sehingga terlihat keruh dan mengalami kecoklatan namun tidak berbau. Untuk mengatasi kondisi ini, bunda bisa membersihkan mata bayi sehingga mengurangi infeksi yang lebih parah. Pemberian obat, sebaiknya dengan resep dokter agar sesuai dengan gangguan mata yang dialami oleh bayi.

Mata Bayi Lengket karena Infeksi Kuman Saat Persalinan

Infeksi yang dialami ibu hamil juga dapat menular kepada bayi khususnya pada mata bayi. Hal ini ditandai dengan kondisi mata bayi yang terlihat kekuningan atau bahkan hingga kehijauan dan berbau. Pada kondisi tertentu bayi juga bisa mengalami bengkak dan kemerahan karena radang. Apabila hal ini terjadi pada buah hati bunda, maka segera lakukan pemeriksaan dan gunakan obat dari dokter sesuai petunjuk agar mata bayi cepat sembuh.

Mata Bayi Lengket karena Gangguan Anatomis

Gangguan Anatomis yang menyebabkan mata bayi lengket, adalah adanya sumbatan air mata yang berada di saluran penghubung antara kantung mata dengan rongga hidung. Air mata yang tergenang menyebabkan debu menempel dan memicu infeksi yang tidak disertai bau. Gejala Gangguan Anatomis pada mata bayi ini ditandai dengan mata selalu berair dan menimbulkan belek di pagi hari. Untuk mengatasi kondisi ini mata bayi harus mendapatkan perawatan baik dalam keadaan sehat (tidak lengket dan berair) atau sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat.

Cara Membersihkan Mata Bayi yang Lengket

Mata bayi yang lengket, harus diperlakukan secara khusus sehingga tidak menyebabkan gangguan yang lebih parah. Adapun pembersihan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Sebelum membersihkan mata, pastikan bunda telah mencuci tangan sampai bersih.
Membersihkan mata bayi bisa dilakukan saat memandikan bayi.
Bersihkan mata bayi dengan menggunakan bahan yang lembut seperti kapas yang dicelupkan pada air hangat.
Bersihkan mata bayi dari bagian tengah kebagian arah luar mata. Lakukan secara beberapa kali secara lembut, sehingga kotoran bayi hilang. 
Hindarikan bayi dari debu atau kotoran yang membuat infeksi mata semakin parah.
Pastikan ruangan bayi selalu dibersihkan dan mendapatkan pergantian udara yang cukup.Apabila mata bayi lengket seperti gejala-gejala diatas, dan terjadi lebih dari 3 hari, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Dan pastikan jangan memberikan obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ringkasan:

Mata Bayi yang Lengket bisa diakibatkan karena adanya infeksi atau gangguan anatomis,
Saat membersihkan mata, sebaiknya bunda menjaga kebersihan mata dan melakukan dengan sangat lembut.
Apabila mata bayi lengket disertai gejala infeksi terjadi selama 3 hari segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Kalau artikel diatas bermanfaat, lebih baik anda berlangganan di bawah ini :



Powered by FeedBlitz

Post a Comment Blogger

 
Top