Searching...
Thursday, November 01, 2012
11/01/2012 08:36:00 AM

13 Kegiatan Untuk Merangsang Motorik Halus Anak

Pagi boi...

saya mau share sedikit beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah.. untuk merangsang perkembangan motorik halus pada anak balita niih..

kebetulan di rumah juga masih ada anak2 balita.. jadi sedikit-sedikit saya ngerti dah soalnya biasa dikerjakan anak2 cewek di rumah, boi..hehe..

Semoga bermanfaat...


13 kegiatan untuk merangsang motorik halus pada anak:

Berpakaian
Memasang dan melepas kancing, membuka dan menutup resleting

Tali Temali
Mengikat dan melepas ikatan. meronce dan menjahit. Di kegiatan ini anak bisa diarahkan untuk mengenali pola an belajar beritung juga lho boi.. misalnya memasan ronce engan pola selang-selling hanya 2 model, atau tiap 3 model sama, lalu berganti model

Menulis
Menulis dengan menghubungkan titik-titik.. Nah kalau ini harus disesuaikan dengan kemampuan anak.. awalnya adalah titik2 membentuk garis2 saja.. misal: garis lurus, garis zigzag, garis bergelombang, lingkaran besar, dst sampai akhirnya membentuk huruf dan angka atau membentuk gambar yang rumit.

Play Dough
Naah ini yang paling disukai anak2 saya di rumah.. mereka mengatakan sebagai: bermain tepung, boi. Jadi adonan playdough kita buat sendiri, bersama anak.

Proses membuat adonan ini juga sarat ilmu, boi.. Anak2 jadi tau langkah-langkah pembuatan adonan, ini mengajarkan sekuen: pertama tuang tepung, lalu tuang bahan2, dst.

Aktivitasnya juga bervariasi, dari mengayak tepung, menuangkan air sedikit-demi sedikit, mengaduk-aduk, dan ketika sudah menjadi adonan legit, anak2 bisa eksplore lebih banyak lagi: menggiling, mencetak, menggunting, dll.

Mewarnai di dalam garis (tidak keluar garis)

Konstruksi
Menyusun balok, mengencangkan n melepas baut, memukul palu

Menggunting
Cara mengajari anak untuk menggunting sebenarnya paling aman dengan bermain play dough, namun sudah pasti tantanngan menggunting kertas dan menggunting adonan playdough berbeda jauh. Yang penting adalah ajarkan anak memegang gunting dengan benar (ibu jari mengarah ke atas), selebihnya nanti mereka akan mengerti sendiri.

Puzzle
Permainan puzzle juga memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, pilih yag sesuai dengan kemampuan anak, terlalu sulit akan membuat anak frustasi.

Melipat
Melipat bisa menggunakan kertas atau kain. Menggunakan kain bisa dipancing ketika bermain rumah2an, misalnya pada aktivitas menyetrika pakaian

Memilah
Benda kecil Kegiatan ini membutuhkan ketrampilan tangan untuk menjumput, dan mengorganisasi.. untuk aktivitas ini, bisa saja memilah bentuk/ warna..

Melepas dan Menempel Sticker
Naaah... ini yang paling disenangi anak saya boi.. melepas dan menempel sticker. Saking senengnya, untuk menghemat saya suka sodorin selotip bening aja boi.. jadi dia sekaligus belajar gunting dan tempel

Menyobek Kertas
Beri saja anak2 kertas yang tidak terpakai untuk disobek-sobek.. anak-anak pasti senang sekali, Gan.. suara ketika kertas tersobek itu unik, lho. Kalau arahkan untuk bisa menyobek kertas dan menghasilkan garis lurus (arah potongannya lurus. Jadi beda yaa, antara menarik kertas sampai sobek dengan menyobek kertas

Makan Sendiri
Menyendok makanan dan menyuapkanya.

Kalau Aboi ada yang mau menambahkan< silahkan yaa... nanti akan satu tarmbahkan di mariii


Lihat yg lebih 'menarik' di sini !
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Wah, artikel yang sangat menarik dan berguna... thank you...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya. sekalian mau tanya anak saya yg usianya masih 2,5 th sering minta main ke tetangganya yg sudah kelas 1 SD. dibolehkan tidak? soalnya saya kasihan melihat ia ketika bermain hanya bisa melihat temenn-temennya asyik bermain karena ia tidak bisa mengikuti permaianan teman-temannya, ditambah teman-temanya tersebut acuh sama dia.

    ReplyDelete

 
Back to top!