Buat Mamanya Nadhira & Farrel, Maap saya bukan dokter, cuma mau share saja. Anak saya yg kedua (sekarang 2,6 th), sampai umur 2,2 tahun bicaranya bhs mars, tidak bisa kami mengerti sama sekali bener-2 hanya bebunyian bukan bahasa yang keluar dari mulutnya, kecuali beberapa kata spt mama, papa, iku (ikut), kaka (kakak), minu (minum) kalo dihitung tak lebih dari 10-15 kata. 


Akan tetapi dia mengerti hampir semua instruksi lisan (spt. tolong ambil gelas di atas meja dll) dan simbol (mis.nya menunjuk dengan jari untuk arah, geleng kepala/telapak tangan = tidak dll). Saya sempat kawatir dan berencana membawanya konsultasi jika pada umur 2,6 tahun tdk bicara. Ternyata pada umur 2,4 th (2 bl sebelum deadline), dia tiba-tiba lancar berbicara, berbicara dalam arti yang sesungguhnya (argue, bargain dll) komplit dgn kosa kata yg banyak. Mis. "kenapa aku ga boleh main ke rumah belen ? (nama anak tetangga)". Lalu kami jawab: belen tdk ada dirumah... "kalau begitu aku mau main sama pak toni (bapaknya si anak itu)". demikian pengalaman saya 

Thanks Ines 
============================================================================

Dokter, mau ikutan tanya nih. > 

Anak saya,laki-laki, bulan desember ini masuk usia 1 tahun 7 bulan. > > Yang menjadi pikiran saya adalah, mengapa sampai saat ini kosa katanya > belum banyak. Baru bisa mengucapkan mama,papa,kakak (tiga kata ini > sangat jelas diucapkan), yang lain baru bisa suku kata terakhir (dan > inipun terbatas sekali: 3-5 kata). > > 

Demikian, mohon masukkan, dan terima kasih. > Mamanya Nadira dan Farrel

Post a Comment Blogger

  1. Tenang aja semua, reyhan mozart, bisa jalan umur 11 bulan, baru bisa ngomong lancar juga sekarang, setelah tiga taon !

    salam
    mamanya mozart

    ReplyDelete

 
Top