Perut Kembung pada Ibu Hamil akan sering terjadi karena adanya peningkatan gas lambung yang dipengaruhi oleh hormon progesteron. Gangguan ini biasanya akan memicu gangguan pencernaan pada Ibu Hamil. Perut kembung pada ibu hamil, tidak hanya disebabkan karena peningkatan hormone pregesteron, namun juga bisa disebabkan karena cara makan yang tidak benar, seperti sering menelan udara ketika makan dan mengkonsumsi makan makanan yang dapat memicu perut kembung.

Untuk Mencegah perut kembung, sebaiknya ibu hamil memperhatikan cara makan dan menghindari makan makanan penyebab perut kembung, yang diantaranya adalah:

Kubis, karena jenis sayuran ini dapat memperlambat pencernaan pada ibu hamil dan menyebabkan rasa mulas.

Kacang, memang makanan yang baik untuk ibu hamil. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, kandungan raffinose pada kacang dapat menyebabkan gas pemicu perut kembung. Untuk mengurangi kandungan raffinose, sebaiknya kacang direndam terlebih dahulu dan dicuci bersih sebelum diolah.

Makanan yang digoreng, banyak mengandung lemak dan sulit dicerna. Karena alasan ini sebaiknya ibu hamil mengurangi makanan yang digoreng dan lebih memilih makanan dengan proses pengolahan yang lain.

Apel, adalah salah satu makanan yang mengandung pektin yang diketahui juga dapat memicu gas di dalam pencernaan.

Lobak, paprika hijau dan bawang adalah makanan lain yang juga dapat memicu perut kembung pada ibu hamil.

Minuman Ringan yang berkarbonasi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat memicu perut kembung dan memicu ketidaknyaman ketika mengkonsumsi makanan padat.

Keju, yang tidak menggunakan proses pasteurisasi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, karena banyak sekali mikroorganisme yang berbahaya untuk kesehatan janin. Selain itu keju juga dapat meingkatkan gas dalam lambung.

Kentang, mengandung pati yang dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat bakteri di dalam usus besar bermasalah sehingga memicu penumpukan gas, menyebabkan perut kembung pada ibu hamil.

Mentimun, adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung air. Meski mentimun dapat memperlancar pencernaan, namun juga dapat memicu perut kembung.

Jagung, apabila tidak dikunyah secara benar dan sempurna dapat menyebabkan perut kembung pada ibu hamil.

Ringkasan:

Penyebab Perut Kembung pada Ibu Hamil adalah hormon progesterone dan cara makan yang salah,
Mencegah perut kembung pada ibu hamil bisa dilakukan dengan menjaga pola makan yang benar,
Makanan pemicu perut kembung pada ibu hamil adalah Kubis, Kacang, Makanan yang digoreng, Apel, Lobak, paprika hijau, bawang, Minuman Ringan, Keju, Kentang, Mentimun, Jagung.

Kalau artikel diatas bermanfaat, lebih baik anda berlangganan di bawah ini :



Powered by FeedBlitz

Post a Comment Blogger

 
Top