Apakah diare itu ?
Diare merupakan keadaan di mana seseorang menderita mencret-mencret. Penderita buang air berkali-kali, tinjanya encer dan kadang-kadang muntah. Diare disebut juga muntahber (muntah berak), muntah menceret atau muntah bocor. Kadang-kadang tinjanya juga mengandung darah atau lendir. Diare menyebabkan cairan tubuh terkuras keluar melalui tinja.

Apakah Diare Dapat menyebabkan kematian ?
Bila penderita diare banyak sekali kehilangan cairan tubuh maka hal ini dapat menyebabkan kematian, terutama pada bayi dan anak-anak di bawah umur lima tahun.

Apa yang menyebabkan Diare ?
Penyebab diare yang terpenting adalah :
- Karena peradangan usus, misalnya : kholera, disentri, bakteri-bakteri lain, virus dsb.
- Karena kekurangan gizi misalnya : kelaparan, kekurangan zat putih telur.
- Karena keracunan makanan.
- Karena tak tahan terhadap makanan tertentu, misalnya : si anak tak tahan meminum susu yang mengandung lemak atau laktosa.

Bagaimana terjadinya diare ?
Diare dapat ditularkan melalui tinja yang mengandung kuman penyebab diare. Tinja tersebut dikeluarkan oleh orang sakit atau pembawa kuman yang berak di sembarang tempat. Tinja tadi mencemari lingkungan misalnya tanah, sungai, air sumur. Orang sehat yang menggunakan air sumur atau air sungai yang sudah tercemari, kemudian menderita diare.

Bagaimana cara menolong diare ?
Minumlah garam ORALIT untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan tubuh sebagai akibat diare. Minumkanlah cairan oralit sebanyak mungkin penderita mau. 1 bungkus kecil oralit dilarutkan ke dalam 1 gelas air masak (200 cc) Kalau oralit tidak ada buatlah : LARUTAN GARAM GULA. Ambillah air teh (masak) 1 gelas. Masukkan dua sendok teh peres gula pasir, dan seujung sendok teh garam dapur. Diaduk rata dan diberikan kepada penderita sebanyak mungkin ia mau minum. Bila diare tak terhenti dalam sehari atau penderita lemas sekali bawalah segera ke Puskesmas.

Bagaimana cara mencegah diare ?Berak di kakus, tidak di kali, pantai, sawah atau sembarang tempat. Cuci tangan sebelum makan, dan sesudah buang air besar. Minum air dan makanan yang sudah dimasak Susui anak anda selama mungkin, di samping makanan lainnya sesuai umur. Bayi yang minum susu botol lebih mudah diserang diare dari pada bayi yang disusui ibunya. Tetaplah anak disusui walaupun anak menderita diare.

Post a Comment Blogger

  1. Salam,,

    Salam Kenal, blog yang sangan menarik, sekalian mohon ijin make pic diarenya.

    Jalan jalan juga ke blog kami :
    http://dinkesprovsulteng.wordpress.com


    Wasalam

    ReplyDelete
  2. Salam kenal jug abung Chandra.
    Silahkan ngmabil bahan dari blog ini, asal dikasih tautan link.

    Salam
    IDAI Admin

    ReplyDelete
  3. Hi...
    Anak saya berumur 5 bln, pup nya suka ada lendir darah 2 kali selama 5 bulan, apakah itu diare atau ada penyebab lain??
    Makanan yang diberikan ASI Eksklusif.

    Trima kasih

    ReplyDelete
  4. assalam mu alaikum warohmatullohi wabarokatuh,

    Pemilik, situs ini saya mohon ijin untuk mencopy artikel-artikel disini ke http://www.tokobuku-madinah.web.id (walapun sudah kami lakukan) dan kami akan mencantumkan asal sumbernya

    ReplyDelete
  5. Waalaikum salam Wr Wb,
    Silahkan saja ikhwan, asal ada tautan linknya...

    Assalamualaikum Wr Wb

    ReplyDelete
  6. anak saya baru tadi malam keluar RS kena DB,sekarang kena diare ketularan pasien lainnya, karna di rs antara sakit menular sama lainnya di gabung,kira2 obat apa yang bisa di berikan untuk ngurangi muntah sama berak, berak cair kuning, minum asinya kuat.

    ReplyDelete
  7. oh ya umur anak saya yusita 16 bulan

    ReplyDelete
  8. asslm'laikum Wr.Wb
    saya pernah mendapat informasi, bila terjadi diare kurang dari 3x/hr maka belum dinamakan diare tapi hanya proses/reaksi pengeluaran racun. dan hal itu tidak perlu pemberian obat diare cukup pemenuhan cairan saja...
    apakah hal tersebut memang benar ataukah saya yang salah pengertian???? makaciiiich........

    ReplyDelete
  9. kalo anak-anak diare boleh diberikan obat tradisional seperti rebusan air jambu biji? trims

    ReplyDelete
  10. terimakasih informasi dari artikelnya... bisa ngebantu ibu-ibu yang punya dede bayi..
    jangan lupa yah liat-liat blog kita.. http://jayapancing.com/

    ReplyDelete
  11. Ada Obat Herbal Alami yang aman & efektif. Untuk Panggilan Cure Total +2349010754824, atau email dia drrealakhigbe@gmail.com Untuk Janji dengan (Dr.) AKHIGBE hubungi dia. Pengobatan dengan Obat Herbal Alami. Untuk: Demam Berdarah, Malaria. Menstruasi yang Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Bakteri Diare.Herpatitis A&B, Rabies. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Dll. Ambil Tindakan Sekarang. hubungi dia & Pesan untuk Pengobatan Herbal Alami Anda: +2349010754824 dan kirimkan email ke drrealakhigbe@gmail.com Catatan Untuk Pengangkatan dengan (Dr.) AKHIGBE. Saya menderita kanker selama setahun dan tiga bulan meninggal karena sakit dan penuh patah hati. Suatu hari saya mencari melalui internet dan saya menemukan kesaksian penyembuhan herpes oleh dokter Akhigbe. Jadi saya menghubungi dia untuk mencoba keberuntungan saya, kami berbicara dan dia mengirimi saya obat melalui jasa kurir dan dengan instruksi tentang cara meminumnya. . Saya tidak benar-benar tahu bagaimana itu terjadi tetapi ada kekuatan dalam pengobatan herbal Dr Akhigbe. Dia adalah dokter jamu yang baik.

    ReplyDelete

 
Top