Searching...
Monday, July 09, 2007
7/09/2007 03:18:00 PM

Bumbu Tradisional untuk Obat Balita Anda !

Air Kelapa Muda & Kopi
Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekehendak anak. Dicampur dengan sedikit kopi (seujung sendok saja)

Brotowali (Putrawali, andawali)
Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt.

Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.

Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.

Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari, balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.

Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle crap), sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.

Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Daun pepaya
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.

Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawak 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis, rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan.Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.

Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.

Adas (fennel)
Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.
Comments
8 Comments

8 comments:

  1. nanya nih....aku pusing 3 anak aku pada malas makan..semuanya buat aku pusing.
    terutama sikecil yg skrg umur 2 tahun..sekarang dia sering panas dan malas makan
    aku dah kasih obat parasetamol..nah sekarang makannya jadi berkurang
    aku harus gimana donk...tolong aku deh...menu apa yg hrs aku buat lagi
    terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Ibu Maria,
    Sudah dicoba kencur bu ?
    Coba dulu nanti hasilnya coba diceritakan disini barang seminggu atau dua minggu lagi...

    Salam

    ReplyDelete
  3. Dok, anak saya umur 4th-5bln tb=118cm bb=30kg, kalo tidur ngoroknya keras sekali, sudah dibawa ke dokter (mnrt dokter amandelnya membsr.) dikasih antibiotik sembuh tapi kalo kena coklat atau es langsung kambuh lagi.
    Apa ada ya Dok.. obat tradisionil yg bisa sy berikan untuk masalah anak sy ini ?
    terima kasih...

    ReplyDelete
  4. dokter yang baik saya ingin bertanya tentang kepala anak saya sering sekali kambuh seperti kudis,sudah berbagai dokter spesialis saya datangi tetapi kambuh lagi,anak saya laki2 berumur 2 th 4 bulan,saya ingin obat tradisional ada nggak ya untuk menyembuhkan.kebetulan anak saya sulit makan setiap hari hanya minum susu dan air putih yang banyak.terima kasih atas sarannya dokter

    ReplyDelete
  5. dok, anak saya umurnya 2 thn 2 bulan, sejak dia umur 6 bln dia sering gatal2 seperti kudis di punggung, leher, pantat, dan lengennya.
    saya sudah ke dokter spesialis dan saya diberikan salep, tapi itu malah membuat kulit anak saya kering seperti kebakar.saya ingin obat tradisional ada gak ya untuk menyembuhkannya.
    tolong di bantu ya dok, saya kasihan kalau malam jd gak bisa tidur nyenyak,,,garuk2 terus!
    terima kasih ya dok,

    ReplyDelete
  6. dok, anak saya 8 bulan, sejak umur 4 bulan kalo sudah terlanjur batuk sembuhnya lama bisa sampai 1 bulan bahkan lebih, dahak ga bisa keluar tapi pasti berubah jadi ingus dan kotoran mata, dan setiap sakit pasti nafasnya jadi cepat. saya kasihan kalo kebanyakan antibiotik, baiknya gimana ya dok...?

    ReplyDelete
  7. dok,anak saya baru 6 bln,cewe,dia makannya susah banget dan kalo di kasih makan tuch rewel nya minta ampun....apa ada obat herbal buat nambah nafsu makannya dok ??? terima kasih

    ReplyDelete
  8. Dok. Anak sy umur 8bln stengah..
    4hari yg lalu dia panas tinggi akibat tmbuh gigi dn sya cba ksih obat tempra drop untuk ank bayi. 2 hru kmudian pnas trun dan smbuh.. Lalu kmarin malam tb2 dia muntah hebat dan mncret pup nya.. Bagaiman cra penanganannya dok.. Sy bngung krn dia terus menangis..
    Trima ksih..

    ReplyDelete

 
Back to top!