KOK, RAMBUT SI KECIL TIPIS?

Tak perlu khawatir jika rambut anak tipis. Selama ia sehat, tak ada masalah. Apalagi pada bayi, yang tumbuh adalah rambut sementara, bukan rambut permanen.

Banyak mitos yang masih dipercaya tentang perawatan rambut bayi dan anak. Misalnya, rambut digunduli agar nantinya tumbuh lebat. "Hal itu tidak benar. Memang, sehabis dicukur, rambut yang tumbuh akan terlihat tebal," ujar dr. Titi Lestari Sugito, Sp.KK dari Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin FKUI-RSCM.

Menggunduli rambut bayi, kata Titi, sebetulnya hanya tradisi. Dari segi medis, tidak ada hubungannya mencukur rambut dengan rambut tebal. Rambut bayi sangat tergantung faktor genetik. "Kalau memang dari sononya jenis rambutnya tipis, mau dicukur berapa kali pun, keluarnya akan tetap tipis juga," kata Titi. Selain tebal-tipis rambut, warna rambut pun sudah ditentukan secara genetik.

Folikel (selubung akar rambut) terbentuk sejak anak berada dalam kandungan dan terus berkembang hingga lahir. Rambut bayi baru lahir adalah rambut sementara atau velus. "Rambut velus biasanya sangat halus dan lebih tipis dari rambut tetap," terang Titi. Rambut sementara ini akan rontok dengan sendirinya sebelum anak berusia setahun, kemudian berganti dengan rambut tetap (permanen).

Pada minggu pertama kelahiran, kadang bayi mengalami kebotakan. "Enggak apa-apa. Ini biasa terjadi di daerah yang biasa tertekan. Misalnya, karena terlalu lama tidur telentang atau karena gesekan dengan bantal." Tekanan dan gesekan akan memudahkan velus rontok, sehingga timbul kebotakan. Setelah setahun, velus biasanya rontok seluruhnya dan berganti rambut permanen.

Jadi, rambut pada bayi dan anak adalah akumulasi dari faktor genetik ditambah faktor-faktor luar yang mempengaruhi. Faktor genetik tak sebatas ayah-ibu tapi juga bisa dari kakek-nenek.

FAKTOR LUAR
Selain faktor genetik, faktor gizi juga berperan. Anak kurang gizi, misalnya, tekstur rambutnya pasti akan terpengaruh. "Warna rambut jadi merah, lebih kering, lebih mudah patah, tipis, mudah rontok," jelas Titi.

Selain itu, dipengaruhi pula oleh hormon. Salah satunya hormon androgen. "Sering ada bayi yang rambutnya sangat lebat saat lahir. Bisa saja itu karena pengaruh hormon androgen ibunya. Soalnya, dia belum bisa memproduksi hormon androgen." Setelah lahir, lanjut Titi, lama-lama efek androgen yang terbawa dari ibunya hilang. "Rambut si kecil pun rontok, berganti dengan rambut aslinya yang mungkin lebih tipis."

Faktor lingkungan juga sangat berperan. Banyak kena sinar matahari atau polusi, juga akan mempengaruhi tekstur rambut. Begitu pula penyakit, semisal seboroik (ketombe), yang sering terjadi pada bayi atau anak. "Ini juga ikut mempengaruhi."

Setelah fase rambut tetap, faktor-faktor tadi bisa mempengaruhi tekstur rambut anak. "Pada rambut, sifat aslinya ditentukan oleh gen, tetapi dipengaruhi faktor luar pula." Jangan lupa, perawatan juga ikut mempengaruhi tekstur rambut.

Meski rambut anak sudah permanen, menurut Titi, orangtua tak usah bingung bila menjumpai rambut rontok. "Itu lumrah. Siklus kehidupan rambut memang begitu," ujarnya. Kerontokan masih dianggap normal asalkan tak lebih dari 100 helai per harinya, sementara kecepatan tumbuh rambut sekitar 0,3 mm per hari.

Yang jelas, selama anak sehat, pertumbuhan rambut akan sesuai dengan faktor genetik. "Cuma, faktor-faktor lain di luar faktor genetik juga bisa mempengaruhi tekstur rambut."
SOAL SELEDRI & KEMIRI

Meski sebagian besar mitos tentang rambut tak bisa dijelaskan secara medis, ada beberapa di antaranya yang masuk di akal. Misalnya, agar rambut tebal, harus diolesi minyak kemiri. Ada juga yang menyarankan pemakaian seledri atau air kelapa muda.

Menurut Titi, secara empiris atau berdasar pengalaman, mungkin mitos tadi ada benarnya. "Kemiri, kan, mengandung minyak. Nah, minyak bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang kering atau kurang subur. Tapi dari segi farmakologis belum pernah diteliti, apa isi, kandungan, dan dampak kemiri."

Yang jelas, lanjutnya, selama tidak menimbulkan efek samping, mencoba cara-cara tadi tentu boleh-boleh saja. "Cuma terkadang bahan alami seperti itu mengandung zat yang tak kita ketahui yang bisa mengiritasi kulit kepala bayi. Padahal, kulit bayi lebih rentan dan mudah teriritasi oleh bahan-bahan dari luar. Ini yang harus hati-hati."
RAGAM GANGGUAN
Berikut sejumlah gangguan pada rambut anak.

1. Gangguan akibat infeksi.

Misalnya infeksi jamur. Ini yang paling sering pada bayi dan anak, karena di kulit kepala banyak kelenjar lemak yang disukai jamur. Pengobatannya bisa dengan obat antijamur.

2. Kerak kepala atau seboroik.
Sering menyerang bayi, diduga akibat pengaruh hormon androgen dari ibunya, sehingga kelenjar lemak aktif. Kelenjar lemak kulit (sebum) keluar dari tempat yang sama dengan keluarnya rambut. Jika kelenjar lemak sangat aktif, akan mengeluarkan lemak lebih banyak. Nah, lemak inilah yang akan menimbulkan lapisan yang menumbuhkan kerak.

Kerak kepala bersifat sementara. "Bila hormon androgen habis, kerak akan hilang dengan sendirinya." Namun, karena seringkali kerak kepala disertai rasa gatal, tentu tak perlu menunggu sampai hormon habis. "Meski tidak membahayakan, kerak ini mengganggu kenyamanan dan dapat mengganggu pertumbuhan rambut secara sehat."

Orang tua bisa menghilangkannya dengan semacam minyak dan bahan-bahan antiseboroik yang membantu mempercepat pengelupasan. Biarkan semalaman agar kerak menjadi lunak. Esok harinya, cuci rambut dengan air hangat hingga bersih.

3. Infeksi bakteri.
Misalnya terjadi bisul-bisul di kepala. Untuk mengatasinya, bisa diberi antibiotik. Kalau hanya di kulit, memang tidak membahayakan. Dengan menjaga kebersihan, akan hilang dengan sendirinya. Kecuali jika imunitas dan gizi sang bayi buruk, infeksi bisa meluas. Tapi ini jarang terjadi.
4. Penyakit genetik.
Beberapa penyakit genetik akan membuat rambut tidak bisa tumbuh lagi. Tapi hal ini biasanya disertai kelainan pada kelenjar keringat, sehingga anak tidak bisa mengeluarkan keringat. Bisa juga penyakit genetik akibat faktor autoimun. "Badannya menghasilkan antibodi terhadap akar rambut, sehingga rambut jadi rusak. Akibatnya, rambut tak bisa tumbuh. Penyakit genetik ini bisa membuat rambut rontok di seluruh kepala bahkan ada yang sampai alis dan bulu mata."

Jika ini yang terjadi, segera bawa ke dokter.

Post a Comment Blogger

  1. Tanya donk Dok...anak saya umur 5 thn rambutnya banyak tapi keriting halus warnanya coklat...kira-kira dia kurang vitamin apa yaa..saya ingin supaya rambutnya sehat (keriting hitam). Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Dok,saya yakin sekali bahwa anak saya sehat.tapi rambutnya sering cepat merah pada bagian ujung dan luar.apakah karena tidak cocok shampoonya, apakah bershampoo setiap kali mandi baik?berapakali idealnya bershampoo itu?

    ReplyDelete
  3. Dok, mau tau ni obat untuk anak umur 2 tahun yang kena kutu rambut.....please yah dok...

    ReplyDelete
  4. Dokter saya mau tanya.. anak saya aisyah (5 th) rambutnya masih sangat tipis bahkan kelihatan seperti botak.

    Saya sudah ke dokter anak sp gizi, dokter kulit dan kelamin serta dokter anak sp endokrin. dan katanya tidak ada masalah.
    Lalu bagaimana caranya supaya rambut anak saya bisa tumbuh normal.
    sebagai informasi , rambut ayahnya aisyah waktu kecil juga tipis.

    mohon jawabannya, saya harus bagaimana. Apakah ada dokter spesialis untuk menganalisa penyebab blum tumbuhnya rambut aisyah, dan bagaiman acara mempercepat pertumbuhannya.

    terima kasih

    ReplyDelete
  5. saya mau tanya, anak saya usia 5 bln, tetapi sampai sekarang rambut nya tumbug sangat sedikit sekali pasca dicukur sewaktu usia nya 1.5 bln. trus kulit kepala selalu mengeluarkan keringat yg sangat berlebihan, knp ya dok..??

    ReplyDelete
  6. saya mau tanya usia anak saya 9 th pada bulan juni kemarin sakit tipus dan sempat dirawat di RS.paska sakit rambutnya tdk rontok,koq 1 bln ke belakang ini rambutnya rontok hebat.sy sdh berusaha utk memberi lidah buaya dan minyak kemiri bikinan sendiri, setelah keramaspun sy berikan vitamin. koq rontoknya masih banyak aja ya.....saya hrs beri apa lagi ya......??

    ReplyDelete
  7. Saya mau tabya Dok, Anak saya umur 6,5 bulan Berat badan 7 Kg, tetapi sampai sekarang pertumbuhan rambutnya sangat Tipis dan di kulit kepala timbul kayak semacam Kerak. Riwayat potang rambut baru sekali pada umur 40 hari. Mohon bantuan dan solusinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. MAAF INFO, SEMOGA BERMANFAAT.."TUMBONAN"PEMBASMI KUTU RAMBUT TANPA DIBILAS, BAHKAN TELORX PUN MAMPUS.AMAN DI MATA DAN ANAK2,CUKUP SEMPROT SELESAI...!

    ReplyDelete
  9. saya sangat bersyukur karena dikaruniai 2 anak dengan rambut lebat. saya ada sedikit tips yang saya lakukan saat hamil dulu yaitu selalu minum rebusan kacang hijau dan susu kedelai bikinan sendiri secara teratur. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. mitos rambut rontok itu beneran gak sih ?

    ReplyDelete
  11. Siang dok, saya mau tanya apakah rambut lebat berpengaruh sama pertumbuhan balita 9bulan?

    ReplyDelete
  12. makasih untuk informasi tentang perawatan rambut bayinya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  13. This post provides clear idea for the new visitors of blogging, that really how to do running a blog.

    5 hotel di bali

    hotel terbaru

    ReplyDelete
  14. makasih kak untuk tips perawatan rambut untuk anak, kalau butuh alat perkakas atau alat teknik bisa dicari kak di Tokootomotif.com

    ReplyDelete

 
Top